PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR PPKn SISWA SMPN 1 KEDIRI

HABIBI, M AQIDATUL (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR PPKn SISWA SMPN 1 KEDIRI. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (106kB)

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composit (CIRC) terhadap keaktifan dan hasil belajar PPKn. Penelitian ini menggunakan rancangan pre eksperimen dengan desain Statis Grup Comparasion. Populasi dal penelitian ini adalah seluruh kelas VIII yang terdiridari delapan kelas dan di ambil sebagai sampel sebanyak dua kelas yaitu satu kelas eksperimen dan satu kelas sta Instrument pengumpulan data menggunakan lembar observasi data keaktifan dan t pilihan ganda 20 soal yang memenuhi validitas realibilitas. Berdasarkan ha analisis dengan uji t menunjukkan bahwa t hitung tingkat keaktifan sebesar (3,2 dan hasil belajar (5,4881) t tabel (1,671). Maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran CIRC terhadap keakti dan hasil belajar PPKn.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Keaktifan, Hasil Belajar, Cooperative
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 27 Oct 2017 02:38
Last Modified: 27 Oct 2017 02:38
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/1121

Actions (login required)

View Item View Item