IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PANCASILA DALAM MENUMBUHKAN NASIONALISME DI LINGKUNGAN SEKOLAH ISLAM (STUDI DI MTs AL FALAH PANCOR DAO LOMBOK TENGAH)

Gifari, Aufan (2018) IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PANCASILA DALAM MENUMBUHKAN NASIONALISME DI LINGKUNGAN SEKOLAH ISLAM (STUDI DI MTs AL FALAH PANCOR DAO LOMBOK TENGAH). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JURNAL AUFAN GIFARI.pdf

Download (477kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi nilai nilai Pancasila dalam menumbuhkan Nasionalisme di lingkungan MTs Al Flah Pancor Dao dan faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaannya. Subjek penelitian adalah pihak-pihak yang ada dalam lingkungan sekolah tersebut, yaitu Kepala sekolah, guru PPKn, dan siswa. Informan dalam penelitian ini kepala sekolah, guru PPKn dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan, 1) implementasi nilai nilai Pancasila dalam menumbuhkan Nasionalisme di lingkungan MTs Al Falah Pancor Dao sudah cukup baik, hal ini dijelaskan sebagian besar kegiatan di lingkungan sekolah sudah menunjukan pengamalan nilai nilai pancasila. 2) Faktor yang mempengaruhi implementasi nilai nilai Pancasila dalam menumbuhkan Nasionalisme di lingkungan MTs Al Falah Pancor Dao yakni faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal yang berupa pelaksanaan kegiatan implementasi di dalam lingkungan sekolah, motivasi belajar, dan sarana prasaran yang ada disekolah. Kemudian faktor eksternal berupa dukungan dari masyarkat, pemerintah dan keluarga.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Nilai Pancasila, Nasionalisme
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 11 Dec 2018 01:43
Last Modified: 11 Dec 2018 01:43
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11213

Actions (login required)

View Item View Item