KOMPETENSI PEDAGOGI DAN PROFESIONAL MAHASISWA PPL PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SOSIOLOGI DI KOTA MATARAM DAN KABUPATEN LOMBOK BARAT TAHUN AJARAN 2017/2018

Novi Suryanti, Ni Made and Sukardi, Sukardi and Masyhuri, Masyhuri (2018) KOMPETENSI PEDAGOGI DAN PROFESIONAL MAHASISWA PPL PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SOSIOLOGI DI KOTA MATARAM DAN KABUPATEN LOMBOK BARAT TAHUN AJARAN 2017/2018. KOMPETENSI PEDAGOGI DAN PROFESIONAL MAHASISWA PPL PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SOSIOLOGI DI KOTA MATARAM DAN KABUPATEN LOMBOK BARAT TAHUN AJARAN 2017/2018.

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Artikel Novi,dkk.pdf

Download (247kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) kompetensi pedagogi mahasiswa Program Studi Pendidikan Sosiologi dalam melaksanakan PPL di SMA/MA Kota Mataram dan Kabupaten Lombok Barat; 2). Kompetensi profesional mahasiswa Program Studi Pendidikan Sosiologi dalam melaksanakan PPL di SMA/MA Kota Mataram dan Kabupaten Lombok Barat; 3). Kendala-kendala yang dihadapi mahasiswa Program Studi Pendidikan Sosiologi di SMA/MA Kota Mataram dan Kabupaten Lombok Barat. Sumber data dalam penelitian ini adalah informan penelitian yang terdiri dari guru pamong dan dosen pembimbing, Sedangkan subjek penelitiannya adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Sosiologi yang sedang Praktek Pengalaman Lapangan di sekolah SMA.MA Kota Mataram dan Kabupaten Lombok Barat. Teknik pengumpulan data adalah dokumentasi dan wawancara. Simpulan dalam penelitian adalah: 1). Kemampuan pedagogi mahasiswa Program Studi Pendidikan Sosiologi dalam perancangan pembelajaran sudah baik dengan dilakukan penyesuaian terhadap perubahan-perubahan yang terjadi pada Kurikulum tahun 2013: 2). Kemampuan pedagogi mahasiswa Program Studi Pendidikan Sosiologi dalam praktek pembelajaran memiliki keunggulan dalam pengembangan metode, media, dan pengembangan alat evaluasi, namun masih lemah dalam manajemen kewaktu dan manajemen kelas; 3). Kemampuan profesional mahasiswa Program Studi Pendidikan Sosiologi dalam penguasaan materi perlu ditingkatkan; 4). Permasalahan yang dihadapi mahasiswa Program Studi Pendidikan Sosiologi di sekolah dalam melaksanakan PPL dalam hal manajemen waktu dan manajemen kelas.

Item Type: Article
Keywords (Kata Kunci): kompetensi, pedagogi, profesional,mahasiswa,PPL
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: S Ni Made Novi Suryanti
Date Deposited: 11 Dec 2018 23:52
Last Modified: 12 Dec 2018 02:11
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11216

Actions (login required)

View Item View Item