PENGARUH PEMBERIAN TEPUNG DAUN ECENG GONDOK (Eichornia Crassipes) TERHADAP KECERNAAN PROTEIN DAN LEMAK PADA AYAM BROILER

SYARIFUDDIN, SYARIFUDDIN (2018) PENGARUH PEMBERIAN TEPUNG DAUN ECENG GONDOK (Eichornia Crassipes) TERHADAP KECERNAAN PROTEIN DAN LEMAK PADA AYAM BROILER. S1 thesis, Universitas Mataram.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh pengunaan berbagai level tepung daun eceng gondok dalam pakan terhadap kecernaan protein dan lemak pada ayam broiler yang umur 5 minggu. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) pola searah. Delapan puluh ekor broiler yang berumur 5 hari dialokasikan secara acak ke dalam 4 perlakuan dengan 4 ulangan yang masing-masing ulangan terdiri dari 5 ekor. Formulasi pakan perlakuan mengunakan BR1 dan tepung daun eceng gondok terdiri atas (P0) 0%; (P1) 5%; (P2) 10%; (P3) 15%. Pakan diberikan 50 gram pada hari terahir setelah ayam dipuasakan selama 24 jam dan air minum selalu tersedia. Kecernaan protein dan lemak dihitung berdasarkan selisih kandungan nutrisi dalam pakan dengan kandungan sisa nutrisi yang ada dalam feses. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan level tepung daun eceng gondok dalam pakan tidak berpengaruh nyata (P>0,05) terhadap kecernaan protein dan lemak.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Ayam Broiler, Kecernaan Protein dan Lemak, Eceng Gondok.
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 11 Dec 2018 05:19
Last Modified: 11 Dec 2018 05:19
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11230

Actions (login required)

View Item View Item