PENGARUH PENDEKATAN MULTIPLE INTELLIGENCES MELALUI MODEL PEMBELAJARAAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA PESERTA DIDIK KELAS X

ASRIANI, RABIATUL (2018) PENGARUH PENDEKATAN MULTIPLE INTELLIGENCES MELALUI MODEL PEMBELAJARAAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA PESERTA DIDIK KELAS X. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
Jurnal.pdf

Download (568kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh pendekatan multiple intelligences melalui model pembelajaran berbasis masalah (PBM) terhadap kemampuan pemecahan masalah (KPM) fisika peserta didik kelas X. Penelitian ini berjenis quasi experimental dengan desain non-equivalent control grup design. Populasinya seluruh peserta didik kelas X MIPA SMAN 2 Mataram. Sampelnya diperoleh menggunakan teknik purposive sampling, sehingga terpilih kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan X MIPA 3 sebagai kelas konrol. Kelas eksperimen diberi perlakuan pendekatan multiple intelligences melalui model PBM, sedangkan kelas kontrol diberi pembelajaran konvensional. Sebelum diberi perlakuan, sampel kelas eksperimen diberi angket tes talenta kecerdasan majemuk untuk mengetahui kecerdasan dominan di dalam kelas tersebut, setelah itu kedua sampel diberi tes awal untuk mengetahui kemampuan awalnya. Hasil uji homogenitas tes awal kedua sampel memiliki kemampuan awal yang sama. Hasil tes akhir KPM diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 72,32 dan kelas kontrol sebesar 60,62. Hipotesis penelitian diuji dengan uji-t polled varians dengan taraf signifikan

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): multiple intelligences, kemampuan pemecahan masalah.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 11 Dec 2018 05:50
Last Modified: 11 Dec 2018 05:50
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11247

Actions (login required)

View Item View Item