ANALISIS KELAYAKAN POTENSI PEMANFAATAN EKOWISATA PADA JALUR PENDAKIAN KAWINDA TO’I DI KAWASAN TAMAN NASIONAL TAMBORA FEASIBILITY ANALYSIS OF THE POTENTIAL OF ECOTOURISM UTILIZATION IN KAWINDA TO’I’S CLIMBING ROUTE IN TAMBORA NATIONAL PARK

Gusmaani, Rahayu (2018) ANALISIS KELAYAKAN POTENSI PEMANFAATAN EKOWISATA PADA JALUR PENDAKIAN KAWINDA TO’I DI KAWASAN TAMAN NASIONAL TAMBORA FEASIBILITY ANALYSIS OF THE POTENTIAL OF ECOTOURISM UTILIZATION IN KAWINDA TO’I’S CLIMBING ROUTE IN TAMBORA NATIONAL PARK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
ANALISIS KELAYAKAN POTENSI PEMANFAATAN EKOWISATA PADA JALUR PENDAKIAN KAWINDA TO'I DI KAWASAN TAM.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (274kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) mengetahui karakteristik obyek wisata di Jalur Pendakian Kawinda To’i, dan (2) mengetahui kelayakan obyek wisata di Jalur Pendakian Kawinda Toi. Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode pengharkatan/ skoring. Penelitian ini membahas tentang karakteristik objek wisata yang terdapat di jalur pendakian Kawinda To’i, Taman Nasional Tambora serta menganalisis kelayakan objek wisata alam pada jalur pendakian Kawinda To’i yang mengacu pada Pedoman Analisis Daerah Operasi Objek dan Daya Tarik Wisata Alam ADO-ODTWA Dirjen PHKA 2003, komponen yang akan dinilai adalah daya tarik, aksesibilitas, akomodasi, sarana dan prasarana penunjang, ketersediaan air bersih, hubungan dengan objek wisata sekitar dan keamanan. Penentuan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling yaitu dengan memilih masyarakat dan pengelola yang mengetahui dan melihat aktivitas wisata di jalur pendakian Kawinda To’i. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa (1) Karakteristik Objek Wisata di jalur pendakian Kawinda To’i terdapat 5 variasi objek wisata yang sering dikunjungi wisatawan yaitu Jungle tracking, keanekaragaman flora dan fauna, Landscape dan 2 air terjun yaitu air terjun Bidadari dan air terjun Rumah Lebah Madu, dan (2) Secara umum jalur pendakian Kawinda To’i dalam konteks pengembangan wisata dikategorikan layak dikembangkan dengan indeks kelayakan 79,62%. Dari berbagai aspek yang dinilai layak terdapat satu aspek yang belum layak dikembangkan yaitu pada aspek akomodasi dengan indeks kelayakan 33,3%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): analisis kelayakan, ekowisata, jalur pendakian
Subjects: S Agriculture > SD Forestry
Divisions: Program Studi Kehutanan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 11 Dec 2018 05:50
Last Modified: 11 Dec 2018 05:50
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11249

Actions (login required)

View Item View Item