PENGARUH MEDIA PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS III SDN 30 CAKRANEGARA TAHUN PELAJARAN 2017/2018

SAJIDHA, HANNAH (2018) PENGARUH MEDIA PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS III SDN 30 CAKRANEGARA TAHUN PELAJARAN 2017/2018. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JURNAL.pdf

Download (167kB) | Preview

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan media puzzle terhadap hasil belajar IPS siswa kelas III SDN 30 Cakranegara Tahun Pelajaran 2017/2018. Metode penelitian ini adalah metode eksperimen berjenis Quasi Eksperimental tipe Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas III di SDN 30 Cakranegara yang berjumlah 60 siswa dan teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah teknik sampeling jenuh, di mana kelas III A sebagai kelas eksperimen dan kelas III B sebagai kelas kontrol. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data yaitu dengan tes hasil belajar dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai rata-rata pre-test kelas eksperimen sebesar 62,93 dan pre-test kelas kontrol sebesar 59,35 sedangkan nilai rata-rata post- test kelas eksperimen sebesar 71,38 dan nilai rata-rata post-test kelas kontrol sebesar 63,39. Data hasil belajar di analisis menggunakan uji-t dua pihak dengan menggunakan rumus t-test polled varians dengan kriteria pengujian yaitu, jika thitung>ttabel, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil analisis statistik dapat diperoleh hasil thitung sebesar 2,73 > ttabel sebesar 2,00 uji dua pihak dengan interpolasi pada taraf signifikan 5%. Karena thitung > ttabel maka H0 ditolak dan Ha diterima, jadi terdapat pengaruh Media puzzle terhadap hasil belajar IPS Siswa Kelas III SDN 30 Cakranegara Tahun Pelajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Media Puzzle, Hasil Belajar IPS
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 11 Dec 2018 05:50
Last Modified: 11 Dec 2018 05:50
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11250

Actions (login required)

View Item View Item