PENGARUH PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA PELAJARAN KIMIA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS XI IPA SMAN 2 MATARAM

AFTRIANI, DIAN NOFITHA (2018) PENGARUH PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA PELAJARAN KIMIA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS XI IPA SMAN 2 MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JURNAL DIAN NOFITHA AFTRIANI.pdf

Download (519kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang lebih baik pembelajaran inkuiri terbimbing pada pelajaran kimia terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas XI IPA SMAN 2 Mataram. Jenis penelitian yang digunakan berupa penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMAN 2 Mataram. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik purposive sampling yang terdiri dari siswa kelas XI IPA 5 sebagai kelas eksperimen diberi perlakuan dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan siswa kelas XI IPA 4 sebagai kelas kontrol diberi perlakuan dengan model pembelajaran konvensional. Teknik pengambilan data menggunakan instrumen berupa tes kemampuan berpikir kreatif kimia berbentuk uraian dengan empat indikator, yaitu kemampuan berpikir lancar, luwes, orisinal dan merinci. Uji hipotesis dengan uji t-test menunjukkan thitung (2,92) > ttabel (1,67) pada taraf signifikan 5% dengan derajat kebebasan (dk) = 84, sehingga Ha diterima. Dengan demikian pembelajaran inkuiri terbimbing pada pelajaran kimia memberikan pengaruh yang lebih baik daripada pembelajaran konvensional (ceramah dan diskusi) terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas XI IPA SMAN 2 Mataram.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pembelajaran Inkuiri terbimbing, Kemampuan Berpikir Kreatif
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 11 Dec 2018 07:06
Last Modified: 11 Dec 2018 07:06
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11251

Actions (login required)

View Item View Item