PEMANFAATAN HASIL HUTAN BUKAN KAYU OLEH KELOMPOK TANI MONGGO LENGGO DI HUTAN KEMASYARAKATAN DESA KARAMABURA KABUPATEN DOMPU

Mori T, Muh. Rifky (2018) PEMANFAATAN HASIL HUTAN BUKAN KAYU OLEH KELOMPOK TANI MONGGO LENGGO DI HUTAN KEMASYARAKATAN DESA KARAMABURA KABUPATEN DOMPU. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JURNAL.pdf

Download (77kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengidentifikasi jenis HHBK yang dimanfaatkan di HKm Karamabura. :(2) Menganalisis besarnya nilai pemanfaatan HHBK di HKm Karamabura. Lokasi penelitian terletak di Desa Karamabura Kecamatan Dompu Kabupaten Dompu Provinsi Nusa Tenggara Barat. Penelitian ini menggunakan teknik wawancara dengan alat bantu kuesioner terhadap 57 responden yang diambil menggunakan metode Purposive Sampling, yang dilaksanakan pada bulan November sampai bulan Desember 2017. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa jenis yang dimanfaatkan hanya satu produk HHBK yaitu Kemiri. Pemanfaatan di HKm Karamabura belum optimal karena pendapatan hanya di dapat dari satu jenis HHBK yaitu Kemiri. Dari pemanfaatan HHBK Kemiri ini responden mendapatkan pendapatan bersih yaitu Rp.4.666.649/Thn dan memberikan kontribusi pendapatan 23% terhadap pendapatan rumah tangga responden.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Hutan Kemasyarakatan, Hasil hutan bukan kayu, Pemanfaatan
Subjects: S Agriculture > SD Forestry
Divisions: Program Studi Kehutanan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 11 Dec 2018 07:06
Last Modified: 11 Dec 2018 07:06
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11252

Actions (login required)

View Item View Item