PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD GUGUS V GUNUNGSARI TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Zahrani, Siti Maya (2018) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD GUGUS V GUNUNGSARI TAHUN PELAJARAN 2018/2019. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JURNAL.pdf

Download (372kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS yang dikarenakan kurangnya keaktifan serta minat siswa saat mengikuti pelajaran. Cara yang ditempuh oleh peneliti untuk menyelesaikan masalah tersebut yaitu dengan menerapkan pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation dalam proses pembelajaran IPS. Tujuan penelitian ini untuk menegtahui pengaruh model pembelajaran Kooperatif tipe Group Investigation terhadap Hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Gugus V Gunungsari tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimen, jenis Quasi Eksperimen Design tipe Non Equivalent Control Group Design. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September 2018 di SDN 1 Tamansari sebagai salah satu Gugus V Gunungsari. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IV SD Gugus V Gunungsari yang terdiri dari 9 sekolah dan berjumlah 307 siswa. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling sehingga sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV A dan IV B SDN 1 Tamansari. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Tes dan Dokumentasi. Uji kualitas instrument yang dilakukan adalah uji validitas dan uji realibilitas. Metode analisis data yang digunakan adalah uji t-tes dengan uji prasyarat yaitu uji Normalitas dan uji Homogenitas data. Setelah dilakukan analisis diperoleh hasil �������4,055 > ��� � = 1,994 pada taraf kepercayaan 95% Sehingga dapat diketahui besaran pengaruh perbedaan hasil belajar dikelas ekperimen dan kelas kontrol sebesar 17,59% yang berarti terdapat pengaruh pembelajaran Kooperatif tipe Group Investigation terhadap Hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Gugus V Gunungsari tahun pelajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pembelajaran Kooperatif Tipe GI, Hasil Belajar IPS
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 11 Dec 2018 07:06
Last Modified: 11 Dec 2018 07:06
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11253

Actions (login required)

View Item View Item