PENERAPAN METODE PEER TEACHING BERBANTUAN LKS PADA PEMBELAJARAN MATERI TURUNAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XIAGAMA MA DAKWAH ISLAMIYAH PUTRA KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2016/2017

FEBRY, MUHAMMAD (2018) PENERAPAN METODE PEER TEACHING BERBANTUAN LKS PADA PEMBELAJARAN MATERI TURUNAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XIAGAMA MA DAKWAH ISLAMIYAH PUTRA KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2016/2017. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
MUHAMMAD FEBRY(E1R113040) ARTIKEL KOMP.pdf

Download (274kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya aktitivitas dan prestasi belajar siswa kelas XI Agama. Maka dari itu perlu mencoba menerapkan model pembelajaran yang berpusat kepada siswa salah-satunya yaitu metode p e e r teaching. Penelitian ini bertujuan untulc meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas XI Agama MA Dakwah Islamiyah Putra Kediri melalui Penerapan Metode Peer Teaching berbantuan LKS Pada Pembelajaran Materi Turunan Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI Agama MA Dakwah Islamiyah Putra Kediri Tahun Pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi dan refleksi. Data prestasi belajar siswa diperoleh melalui tes evaluasi yang diberikan pada tiap akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor aktivitas siswa pada siklus I pertemuan 1 adalah 7,65 dengan kategori cukup aktif dan pertemuan 2 adalah 9,32 dengan kategori aktif. Kemudian skor aktivitas siswa pada siklus II pertemuan 1 adalah 10,32 dengan kategori aktif dan pertemuan 2 adalah 13,64 dengan kategori sangat aktif. Sedangkan hasil evaluasi pada siklus I menunjukkan bahwa ketuntasan klasikal yang tercapai adalah sebesar 70% dengan rata-rata nilai 75,07. Hasil penelitian pada siklus II diperoleh rata-rata nilai sebesar 78,83 dengan ketuntasan klasikal sebesar 86,67. Hasil tersebut menunjukkan bahwa aktivitas dan prestasi belajar siswa pada tiap siklus meningkat. Dengan melihat secara keseluruhan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, Penerapan Metode Peer Teaching berbantuan LKS pada Pembelajaran Materi Turunan dapat Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI Agama MA Dakwah Islamiyah Putra Kediri Tahun Pelajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): metode peer teaching, aktivitas belajar, prestasi belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 11 Dec 2018 07:06
Last Modified: 11 Dec 2018 07:06
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11254

Actions (login required)

View Item View Item