IDENTIFIKASI MAKROALGA EPIFIT PADA BUDIDAYA RUMPUT LAUT Kappaphycus alvarezii DI PERAIRAN TELUK GERUPUK KABUPATEN LOMBOK TENGAH

Mardiana, Mardiana (2018) IDENTIFIKASI MAKROALGA EPIFIT PADA BUDIDAYA RUMPUT LAUT Kappaphycus alvarezii DI PERAIRAN TELUK GERUPUK KABUPATEN LOMBOK TENGAH. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JURNAL MARDIANA.pdf

Download (637kB) | Preview

Abstract

.Alga epifit merupakan alga yang memanfaatkan organisme lain sebagai inang dengan atau tanpa mengambil nutrisi pada inang tersebut. Salah satu organisme yang dijadikan inang oleh alga epifit adalah alga budidaya jenis Kappaphycus alvarezii.Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi jenis alga epifit pada budidaya rumput laut Kappaphycus alvarezii, mengetahui perbedaan jenis alga epifit pada system tanam rakit dan longline, mengetahui system penempelan talus dan mengukur kualitas lingkungan budidayaPenelitian dilaksanakan selama 3 bulan pada bulan Maret hingga Mei 2018 di Perairan Teluk Gerupuk Kabupaten Lombok Tengah.Jenis penelitian yaitu deskriptif serta pengambilan sampel dilakukan menggunakan metode purposive sampling. Penelitian ini melaporkan terdapat 20 spesies alga epifit yang tergolong dalam 14 genus, 9 famili dan 4 ordo yang terdiri dari divisi Rhodopyta: 18 spesies dan Chloropyta: Spesies alga epifit yang mendominasi pada lokasi penelitian yaitu Ceramium macilentum.spesies. Spesies spesifik yang ditemukan pada metode tanam rakit adalah Cladophora glomerata, Aglaothamnion byssoides, Callithamnion corymbosum, sedangkan spesies spesifik pada metode tanam longline adalah Heterosiphonia japonica, Neosiphonia savatieri, Seirospora giraudy, dan Stylonema alsidii. Adapun spesies yang mendominasi pada kedua lokasi sampling yaitu Ceramium macilentum.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Alga epifit, Kappaphycus alvarezii, teluk Gerupuk.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 12 Dec 2018 03:15
Last Modified: 12 Dec 2018 03:15
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11276

Actions (login required)

View Item View Item