PENERAPAN METODE PALMER DROUGHT SEVERITY INDEX (PDSI) DAN THORNTHWAITE-MATTER UNTUK ANALISIS INDEKS KEKERINGAN DI KABUPATEN LOMBOK TIMUR

ARDIANI, RIA NURUL (2018) PENERAPAN METODE PALMER DROUGHT SEVERITY INDEX (PDSI) DAN THORNTHWAITE-MATTER UNTUK ANALISIS INDEKS KEKERINGAN DI KABUPATEN LOMBOK TIMUR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL ILMIAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kekeringan adalah suatu keadaan tanpa hujan berkepanjangan atau masa kering dibawah normal yang cukup lama sehingga mengakibatkan keseimbangan hidrologi terganggu (Aziz, 2013). Kekeringan di Nusa Tenggara Barat (NTB) sudah menjadi permasalahan serius, salah satunya di Kabupaten Lombok Timur kekeringan terjadi setiap tahunnya. Dari data yang ada, menunjukkan bahwa 7 kecamatan dari 20 kecamatan yang ada di Kabupaten Lombok Timur mengalami kekeringan. Kecamatan tersebut antara lain, Jerowaru, Keruak, Sakra Timur, Terara, Suela, Sambelia, dan Sembalun (BPBD Lombok Timur, 2017). Untuk mengetahui karakterisasi kekeringan di suatu wilayah terdapat beberapa metode. Dalam studi ini menggunakan metode Palmer Drought Seveirty Index (PDSI) dan Thornthwaite-Matter. Kedua metode bertujuan untuk mengetahui indeks kekeringan di Kabupaten Lombok Timur. Metode Palmer Drought Seveirty Index (PDSI) dan Thornthwaite-Matter dapat mengidentifikasi adanya potensi kekeringan dengan data lengas tanah, evapotranspirasi potensial dan curah hujan sebagai indikator utama. Dari hasil analisis dengan metode Palmer Drought Severity Index (PDSI) rata-rata indeks berdasarkan tujuh stasiun hujan yang ada di Kabupaten Lombok Timur menghasilkan rata-rata indeks kekeringan terparah sebesar -2,12 (agak kering), yaitu terjadi pada bulan September. Sedangkan dengan metode Thornthwaitte-Matter rata-rata indeks yang kekeringan terparah sebesar 78,74% (kekeringan kategori berat), yaitu terjadi pada bulan September. Persentase keakuratan antara metode Palmer Drought Severity Index (PDSI) dan Thornthwaite-Matter dengan data history BPBD selama 4 tahun (2014-2017) menunjukkan rata-rata persentase keakuratan PDSI-BPBD sebesar 71,40 %, Thornthwaite-Matter – BPBD sebesar 64,90%. Hasil pemetaan sebaran kekeringan di Kabupaten Lombok Timur, kekeringan tidak terjadi secara merata di seluruh wilayah. Kata Kunci :

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kekeringan, Indeks Kekeringan, PDSI, Thornthwaite-Matter
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: M Jafar Jafar
Date Deposited: 12 Dec 2018 02:30
Last Modified: 12 Dec 2018 02:30
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11277

Actions (login required)

View Item View Item