POTENSI PEMANFAATAN LIMBAH KULITSINGKONGTERFERMENTASI SEBAGAI BAHANPAKANIKAN LELE DUMBO (Clarias gariepinus ) POTENTIAL UTILIZATION OF CASSAVA LEATHER WASTE FERMENTED AS A MATERIAL FOR FEEDING DUMBO CATFISH (Clarias gariepinus)

Fitriyati, Fitriyati (2018) POTENSI PEMANFAATAN LIMBAH KULITSINGKONGTERFERMENTASI SEBAGAI BAHANPAKANIKAN LELE DUMBO (Clarias gariepinus ) POTENTIAL UTILIZATION OF CASSAVA LEATHER WASTE FERMENTED AS A MATERIAL FOR FEEDING DUMBO CATFISH (Clarias gariepinus). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JURNAL FITRI.pdf

Download (234kB) | Preview

Abstract

Salah satu jenis ikan Lele yang saat ini terus dikembangkan adalah ikan LeleDumbo (Clarias gariepinus). Budidaya ikan Lelememiliki keunggulan sebab dapat dilakukan pada lahan yang sempit dengan padat tebar yang tinggi.Di samping itu, Lele juga menyukai semua jenis pakan (omnivora) dan proses budidayanya relatif mudah dikuasai oleh masyarakat. Pemanfaatan limbah yang tidak terpakai seperti kulit singkong dapat diolah menjadi bahan baku yang layak sebagai tambahan pakan. Namun terdapat kandungan senyawa beracun berupa sianida yang ada dalam kulit singkong. Oleh karena demikian, dibutuhkan suatu metode tambahan yang dapat menghilangkan kandungan senyawa sianida pada kulit singkong. Metode fermentasi merupakan salah satu metode yang direkomendasikan untuk menghilangkan kandungan senyawa sianida dalam kulit singkong. Informasi penggunaan kulit singkong sebagai bahan substitusi pakan ikan Lele Dumbo (Clarias gariepinus) masih sangat terbatas, oleh karena itu perlu dilakukan penelitian tentang “Potensi pemanfaatan limbah kulit singkong terfermentasi sebagai bahan pakan ikan Lele Dumbo (Clarias gariepinus)”. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimental dan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 6 perlakuan dan 3 ulangan. Perlakuan yang dicobakan adalah penambahan kulit singkong terfermentasi sebanyak 5%, 10%, 15% dan 20%. Parameter yang diamati yaitu pertumbuhan mutlak, pertumbuhan spesifik, survival rate, rasio konversi pakan dan efisiensi pakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertumbuhan dan tingkat

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Dumbo Catfish, Cassava Leather, Fermentation, Growth, Survival Rate
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 12 Dec 2018 02:27
Last Modified: 12 Dec 2018 02:27
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11291

Actions (login required)

View Item View Item