PERANAN RECEPTIONIST DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN KEPADA TAMU UNTUK MENCEGAH TERJADINYA KOMPLAIN DI DIVA LOMBOK RESORT

WARDHANA, LALU GEDE MULYA (2018) PERANAN RECEPTIONIST DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN KEPADA TAMU UNTUK MENCEGAH TERJADINYA KOMPLAIN DI DIVA LOMBOK RESORT. Diploma thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
KTI READY TO BURN .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Karya tulis ilmiah ini berjudul “Peranan Receptionist Dalam Memberikan Pelayanan Kepada Tamu Untuk Mencegah Terjadinya Komplain Di Diva Lombok Resort”. Tujuan dari karya tulis ilmiah ini adalah untuk mengetahui bagaimana peranan seorang resepsionist dalam memberikan pelayanan kepada tamu untuk mencegah terjadinya komplain di Diva Lombok Resort serta untuk mengetahui bagaimana dampak negatif jika seorang resepsionis tidak menerapkan konsep pelayanan yang maksimal dalam melayani tamu. Kurangnya penerapan konsep pelayanan yang maksimal yang diberikan oleh seorang resepsionis sering kali mengakibatkan terjadinya komplain, melihat pentingnya peranan resepsionis dalam memberikan pelayanan kepada tamu di Diva Lombok Resort mulai dari tamu datang hingga pergi, maka penerapan standar operasional prosedur sangatlah penting untuk diterapkan. Akan tetapi dalam pelaksanaannya terdapat beberapa kekurangan, oleh karena itu perlu adanya upaya yang dilakukan menejemen hotel untuk meningkatkan standar operasional prosedur adalah dengan mengadakan briefing di pagi hari oleh general manager dengan para front office staff terutama seorang resepsionis guna memberikan informasi yang jelas mengenai hal-hal penting yang akan ditindaklanjuti. Berdasarkan pengamatan yang penulis lakukan di Diva Lombok Resort bahwa pelaksanaan standar operasional prosedur telah dilaksanakan dengan baik, akan tetapi perlu adanya peningkatan dari pihak- pihak manajemen Diva Lombok Resort dan juga staff - staff untuk meningkatkan kualitas pelayanan yang diberikan dan mencegah terjadinya komplain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Keywords (Kata Kunci): ekonomi, pariwiata
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 12 Dec 2018 02:24
Last Modified: 12 Dec 2018 02:24
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11300

Actions (login required)

View Item View Item