KORELASI KANDUNGAN N, P DAN K JERAMI PADI SEBAGAI PAKAN SAPI DENGAN LAHAN TEMPAT TUMBUH (Studi Kasus di Kecamatan Wanasaba Lombok Timur)

FIRMANSYAH, PANJI AGUNG (2018) KORELASI KANDUNGAN N, P DAN K JERAMI PADI SEBAGAI PAKAN SAPI DENGAN LAHAN TEMPAT TUMBUH (Studi Kasus di Kecamatan Wanasaba Lombok Timur). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
PANJI A. FIRMANSYAH.pdf

Download (351kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kandungan N, P dan K pada jerami padi yang digunakan sebagai pakan sapi dengan lahan tempat tumbuh serta korelasinya. Penelitian ini telah dilakukan pada tanggal 1 Mei-28 Juni 2018 dan berlokasi di Kecamatan Wanasaba Kabupaten Lombok Timur. Penelitian dilakukan dengan metode survey di lahan persawahan, dengan mengambil komposit sampel jerami padi dan tanah pada lahan tempat tumbuhnya. Analisa sifat kimia dilakukan di Laboratorium Kimia Analitik Fakultas MIPA Universitas Mataram. Beberapa sifat kimia yang ditetapkan, antara lain: N-total, P-total dan K-total, dengan analisis data menggunakan Regresi linier sederhana. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa nilai rerata unsur N, P, dan K pada jerami padi berturut-turut sebesar 1,36; 0,10; dan 2,84%. Nilai rerata unsur-unsur N, P, dan K pada lahan berturut-turut sebesar 0,19; 0,04; dan 0,96%. Dengan nilai korelasi (r) N sebesar 0,998; P sebesar 0,999; dan K sebesar 0,999. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat korelasi yang positif antara kandungan N, P dan K pada jerami padi dengan lahan tempat tumbuhnya.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): korelasi, unsur hara, jerami padi, lahan, Kecamatan Wanasaba.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 12 Dec 2018 04:00
Last Modified: 12 Dec 2018 04:00
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11303

Actions (login required)

View Item View Item