PENGARUH METODE ACTIVE LEARNING TIPE QUESTION STUDENTS HAVE (QSH) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V GUGUS III KECAMATAN LABUAPI LOMBOK BARAT TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Hartina, Sri Ayu (2018) PENGARUH METODE ACTIVE LEARNING TIPE QUESTION STUDENTS HAVE (QSH) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V GUGUS III KECAMATAN LABUAPI LOMBOK BARAT TAHUN PELAJARAN 2018/2019. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JURNAL.pdf

Download (234kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Metode Active Learning Tipe Question Student Have (QSH) Terhadap Hasil Belajar IPASiswa Kelas V Di SDN Gugus III Kecamatan Labuapi Lombok Barat Tahun Pelajaran 2018/2019. Populasi penelitian ini adalah siswa di Gugus III Labuapi Lombok Barat yang terbagi dalam empat sekolah. Sampel dalam penelitian ini adalah dua SD dengan menggunakan teknik sampling purposive yaitu SDN 3 Terong Tawah sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 32 orang dan SDN 2 Terong Tawah sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 36 orang.Pada kelompok eksperimen pembelajaran menggunakan metode Active Learning Tipe Question Student Have (QSH)sedangkan kelompok kontrol menggunakan metode konvensional. Instrument penelitian berupa lembar observasi dan tes. Berdasarkan hasil perhitungan lembar observasi keterlaksanaan metode Active Learning Tipe Question Student Have (QSH) diperoleh rata-rata 85.763% pada kategori sangat aktif. Berdasarkan hasil penelitian dari uji normalitas dan homogenitas dari kedua kelompok diperoleh bahwa kelompok tersebut normal dan homogen, sehingga pengujian hipotesis dapat digunakan uji t.Dari hasil perhitungan, diperoleh Thitung = 2.319 dan Ttabel = 1,998 oleh karena Thitung> Ttabel maka, Ha diterima dan Ho ditolak yang artinya terdapat Pengaruh Metode Active Learning Tipe Question Student Have (QSH) Terhadap Hasil Belajar IPASiswa. Dari hasil penelitian dan pembahasan diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa kelompok eksperimen sebesar 85.972 dan kelompok kontrol 82.031. hal ini menunjukkan bahwa penerapan metode Active Learning Tipe Question Student Have (QSH)lebih baik dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Active Learning Tipe Question Student Have (QSH) memberikan pengaruh terhadap hasil belajar IPA siswaKelas V Di SDN Gugus III Kecamatan Labuapi Lombok Barat Tahun Pelajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Metode Active Learning Tipe Question Student Have (QSH), hasil belajar IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 13 Dec 2018 00:22
Last Modified: 13 Dec 2018 00:22
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11304

Actions (login required)

View Item View Item