PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE PROBLEM OPEN ENDED BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN PPKN DI SMKN 5 MATARAM

ADAWIAH, RABIATUL (2018) PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE PROBLEM OPEN ENDED BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN PPKN DI SMKN 5 MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JURNAL_RABIATUL ADAWIAH.pdf

Download (467kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh modelcooperative learning tipe problem open ended berbantuan media audio visual terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI pada mata pelajaran PPKn di SMKN 5 Mataram pada tahun ajaran 2018/ 2019. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 31 orang pada kelas eksperimen dan 31 orang pada kelas control. Instrumen pengumpulan data dalam peneltian ini menggunakan instrument test sebanyak 30 butir soal yang telah memenuhi validitas dan realibilitas instrument. Berdasarkan hasil perhitungan pengujian hipotesis dengan uji-t dengan nilai t hitung 4,237 dan t tabel 2,000 dengan dk=60 pada taraf signifikasi 5% sehingga nilai t hitung 4,237 > t tabel= 2,000, maka hipotesis penelitian yang berbunyi ada pengaruh model pembelajaran cooperative learning tipe problem open ended berbantuan media audio visual terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI pada mata pelajaran ppkn di SMKN 5 Mataram diterima.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): cooperative learning, open ended, audio visual, berpikir kritis, PPKn
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 13 Dec 2018 00:21
Last Modified: 13 Dec 2018 00:21
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11306

Actions (login required)

View Item View Item