IDENTIFIKASI DAN UJI AKTIVITAS ANTIBAKTERI FRAKSI ALKALOID KULIT BATANG TUMBUHAN KUMBI (Voacanga foetida (B.I) Rolfe) DAERAH SURANADI LOMBOK BARAT

Julianto, Dino (2018) IDENTIFIKASI DAN UJI AKTIVITAS ANTIBAKTERI FRAKSI ALKALOID KULIT BATANG TUMBUHAN KUMBI (Voacanga foetida (B.I) Rolfe) DAERAH SURANADI LOMBOK BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
JURNAL DINO JULIANTO (G1C014006) KIMIA, MIPA, UNRAM.pdf

Download (564kB)

Abstract

Telah dilakukan penelitian tentang identifikasi dan uji aktivitas antibakteri fraksi alkaloid kulit batang tumbuhan kumbi daerah suranadi Lombok Barat. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi senyawa alkaloid yang terkandung pada ekstrak kulit batang kumbi (Voacanga foetida (B.I) Rolfe) yang berpotensi sebagai antibakteri. Ekstraksi sampel kulit batang kumbi dilakukan dengan ekstraksi maserasi dan asam basa, tahap identifikasi diuji secara fitokimia dan analisis senyawa menggunakan GC-MS pada variasi suhu program (400 C-2600 C, 1500 C-2700 C, 1000 C-2800 C dan 1000 C-2900 C) yang selanjutnya diuji aktivitas antibakterinya. Hasil uji fitokimia ekstrak kulit batang kumbi positif mengandung senyawa golongan alkaloid. Hasil ini sesuai dengan hasil analisis menggunakan GC-MS fraksi basa dengan variasi suhu program yaitu pada suhu 400 C–2600 C teridentifikasi adanya tiga senyawa alkaloid yaitu ibogamine (9,77%), coronaridine (5,51%) dan lombine (6,06%). Pada suhu program 1500 C-2700 C teridentifikasi senyawa alkaloid ibogamine (48,19%). Uji aktivitas antibakteri pada setiap fraksi ekstrak metanol, fraksi asam dan fraksi basa kulit batang tumbuhan kumbi dengan berbagai konsentrasi (1000 ppm, 100 ppm dan 10 ppm) mampu menghambat bakteri gram positif (Staphylococcus aureus, Streptococcus mutans, Staphylococcus epidermidis) dan gram negatif (Escherichia coli dan Shigella dysenteriae). Perbandingan uji aktivitas antibakteri untuk fraksi basa kulit batang tumbuhan kumbi menunjukkan adanya aktivitas antibakteri, namun fraksi metanol memiliki aktivitas antibakteri lebih besar. Sedangkan hasil karakterisasi fraksi asam yang terdiri dari asam-asam lemak, ester dan golongan alkohol memilki aktivitas antibakteri paling kecil. Semakin tinggi variasi konsentrasi pada setiap jenis fraksi menyebabkan zona hambatan yang semakin tinggi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Voacanga foetida (B.I) Rolfe, ekstraksi, alkaloid, aktivitas antibakteri, GC-MS.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 13 Dec 2018 00:21
Last Modified: 13 Dec 2018 00:21
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11309

Actions (login required)

View Item View Item