PRODUKSI ANTIBODI POLIKLONAL TERHADAP EKSTRAK DAGING BABI (Sus vittatus) YANG DIPANASKAN PADA SUHU 60ºC DAN 70ºC SELAMA 30 MENIT

TOGAR, RIDHO APRIA (2018) PRODUKSI ANTIBODI POLIKLONAL TERHADAP EKSTRAK DAGING BABI (Sus vittatus) YANG DIPANASKAN PADA SUHU 60ºC DAN 70ºC SELAMA 30 MENIT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JURNAL PUBLIKASI ILMIAH.pdf

Download (354kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan antibodi poliklonal terhadap ekstrak daging babi dari spesies sus vittatus yang dipanaskan pada suhu 60ºC dan 70ºC. Penelitian ini adalah penelitian eksploratatif laboratoris, dilakukan di dua tempat, yaitu di Laboratorium Mikrobiologi dan Bioteknologi, Fakultas Peternakan dan di Laboratorium Pusat Unggulan Biosains dan Bioteknologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Mataram. Materi yang digunakan sebagai vaksin adalah ekstrak daging babi tanpa pemanasan (P0) dan ekstrak daging babi yang dipanaskan pada suhu 60ºC(P1) serta suhu 70ºC(P2), masing-masing disuntikkan pada tiga ekor kelinci, dengan dosis 200 μg/ekor untuk setiap vaksin Vaksinasi dilakukan sebanyak tiga kali dengan jarak vaksinasi 10 hari. Vaksinasi pertama menggunakan Freund’s cmplete adjuvant, sementara vaksinasi ke 2 dan 3 (booster) menggunakan incomplete adjuvant. Variabel yang diamati adalah intensitas reaksi antara antigen ketiga vaksin dari ekstrak daging babi yang digunakan dengan serum/antibodi yang dihasilkan. Metode pengujian reaksi antigen-antibodi yang digunakan adalah metode imunodot-blot. Serum antibodi yang diperoleh dimurnikan menggunakan ammonium sulfat 50%. Penelitian ini menunjukkan bahwa telah dihasilkan antibodi poliklonal terhadap ekstrak daging babi P0, P1 dan P2. Antibodi hasil vaksinasi menggunakan ekstrak daging babi yang dipanaskan pada suhu 60ºC(Ab P1) maupun pada suhu 70ºC (Ab P2) dapat mendeteksi antigen dari ekstrak daging babi tanpa pemanasan dan pemanasan pada suhu 60ºC secara positif kuat dan positif lemah dalam mendeteksi ekstrak daging babi pada pemanasan 70ºC.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): antibodi poliklonal, ekstrak daging babi, imunodot-blot.
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 13 Dec 2018 00:21
Last Modified: 13 Dec 2018 00:21
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11310

Actions (login required)

View Item View Item