KONSUMSI, PERTAMBAHAN BERAT BADAN HARIAN, KONVERSI DAN EFISIENSI PAKAN SAPI BALI JANTAN MUDA YANG DIBERI PAKAN LAMTORO DAN CAMPURAN LAMTORO DAN GAMAL

YUSUF, MUHAMMAD (2018) KONSUMSI, PERTAMBAHAN BERAT BADAN HARIAN, KONVERSI DAN EFISIENSI PAKAN SAPI BALI JANTAN MUDA YANG DIBERI PAKAN LAMTORO DAN CAMPURAN LAMTORO DAN GAMAL. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
jurnal_MUHAMMAD YUSUF_B1D 011 193.pdf

Download (352kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsumsi, pertambahan berat badan harian, konversi dan efisiensi pakan sapi Bali jantan muda yang diberi pakan lamtoro dan campuran lamtoro dan gamal. Penelitian ini dilaksanakan di kandang kelompok Mada Lemba Jaya Kecematan Woja Kabupaten Dompu selama 3 bulan yang berlangsung dari tanggal 18 Mei sampai dengan 18 Agustus 2018. Materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah 10 ekor sapi Bali jantan umur 12 bulan dengan berat badan rata-rata 121±11,1 kg yang dikelompokkan menjadi dua kelompok perlakuan dengan masing masing perlakuan terdiri dari 5 kali ulanagn. Adapun kedua perlakuan tersebut adalah : PerlakuanA, 100% lamtoro dan perlakuan B berupa pakan campuran 85% lamtoro dan 15% gamal. Variabel yang akan diamati dalam penelitian ini meliputi: konsumsi pakan, Pertambahan Berat Badan Harian, Konversi pakan dan efisiensi pakan. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis Ttest menurut Steel and Torrie (1989) dengan paket program statistic SAS (1982). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Konsumsi, PBBH, Konversi dan Efisiensi penggunaan pakan ternak sapi Bali yang diberi pakan 100% lamtoro tidak perpengaruh nyata (P < 0,05) dengan ternak yang diberi pakan campuran 85% lamtoro dan 15% gamal yang cukup banyak.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Sapi bali jantan muda, Konsumsi, Pertambahan berat badan harian, Konversi, dan Efisiensi, Lamtoro, Gamal.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 13 Dec 2018 00:21
Last Modified: 13 Dec 2018 00:21
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11318

Actions (login required)

View Item View Item