Hasil belajar, Pembelajaran Penemuan, Literasi Sains.

LISTIAWATI, NONI MULIANA (2017) Hasil belajar, Pembelajaran Penemuan, Literasi Sains. S1 thesis, UPT. Perpustakaan.

[img] Text
skripsi noni muliana listiawati (e1m013037).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran penemuan berbasis literasi sains terhadap hasil belajar materi pokok larutan penyangga pada siswa kelas XI MAN 1 Mataram tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain pretest-posttest equivalent control group design. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling, sehingga didapatkan dua kelas sampel yaitu kelas XI MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 3 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen menggunakan pembelajaran dengan model pembelajaran penemuan berbasis literasi sains, sedangkan kelas kontrol menerapkan pembelajaran konvensional. Hasil belajar dikumpulkan dari hasil posttest setelah siswa memperoleh materi pelajaran larutan penyangga. Hasil uji hipótesis menggunakan uji Anakova satu jalur diperoleh Fhitung > Ftabel (45,81>4,02) pada taraf signifikan 5% yang menunjukkan hipotesis penelitian diterima. Berdasarkan hasil tersebut, maka dapat disimpulkan model pembelajaran penemuan berbasis literasi sains berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar materi pokok larutan penyangga pada siswa kelas XI MAN 1 Mataram tahun ajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Hasil belajar, Pembelajaran Penemuan, Literasi Sains.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 14 Nov 2017 01:48
Last Modified: 14 Nov 2017 01:48
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/1132

Actions (login required)

View Item View Item