KOMPARASI PENDAPATAN DAN PENYERAPAN TENAGA KERJA PADA USAHATANI HORTIKULTURA (SAYUR) DI KOTA MATARAM (KASUS PADA USAHATANI BAYAM, KACANG PANJANG, DAN SAWI)

Baskara, Wahyu Adhya (2018) KOMPARASI PENDAPATAN DAN PENYERAPAN TENAGA KERJA PADA USAHATANI HORTIKULTURA (SAYUR) DI KOTA MATARAM (KASUS PADA USAHATANI BAYAM, KACANG PANJANG, DAN SAWI). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JURNAL.pdf

Download (619kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Mengkaji perbandingan struktur biaya, mengkaji perbandingan kesempatan kerja, mengkaji perbandingan pendapatan usahatani hortikultura (sayur) di Kota Mataram (kasus pada usahatani bayam, kacang panjang, dan sawi). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik survei dengan mewawancarai 30 petani Hortikultura (sayur) di Kota Mataram, jumlah tersebut ditentukan dengan metode Slovin. Alat analisis penerimaan pendapatan penyerapan tenaga kerja , uji statistik anova single factor untuk menguji kesamaan beberapa rata-rata sekaligus, dan uji lanjut BNT (beda nyata terkecil) sebuah uji lanjutan dari anova untuk mengetahui perbedaaan pendapatan yang diteliti secara statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi perbedaan produksi, nilai peroduksi, pendapatan dan penyerapan tenaga kerja. Kacang panjang memiliki total biaya, pendapatan, dan menyerap tenaga kerja terbanyak dibandingkan tanaman sawi dan bayam. Dalam kegiatan sawi dan bayam, diharapkan petani dapat memperluas areal lahan garapannya, sehingga dapat meningkatkan produksi yang akan meningkatkan pendapatannya.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pendapatan, tenga kerja, struktur biaya, usaha tani, hortikultura, sayur, Kota Mataram.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 13 Dec 2018 07:56
Last Modified: 13 Dec 2018 07:56
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11327

Actions (login required)

View Item View Item