INVENTARISASI HASIL HUTAN BUKAN KAYU BAMBU DI HUTAN KEMASYRAKATAN SENGGIGI KABUPATEN LOMBOK BARAT (The Inventory Of Non Timber Forest Product Of Bamboo In Senggigi Community Forest Of West Lombok)

Rizkillah, Muhammad Aulia (2018) INVENTARISASI HASIL HUTAN BUKAN KAYU BAMBU DI HUTAN KEMASYRAKATAN SENGGIGI KABUPATEN LOMBOK BARAT (The Inventory Of Non Timber Forest Product Of Bamboo In Senggigi Community Forest Of West Lombok). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
Jurnal Muhammad Aulia Rizkillah.pdf

Download (473kB) | Preview

Abstract

Bambu termasuk tanaman serbaguna yang telah dikenal sejak lama oleh masyarakat termasuk pada kawasan HKm Senggigi. Bambu sering dimanfaatkan masyarakat pedesaan antara lain untuk jembatan dan bahan bangunan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis, potensi dan nilai bambu di Hkm senggigi. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode eksplorasi. Pengumpulan data dilakukan secara sensus terhadap seluruh rumpun bambu yang ada dilokasi penelitian. Data yang dikumpulkan meliputi jenis, jumlah rumpun, jumlah batang, tinggi, diameter rumpun, dan jarak rumpun dengan sungai. Data untuk analisis nilai ekonomi dikumpulkan melalui wawancara. Berdasarkan hasil pengamatan jenis-jenis bambu yang terdapat di Hkm Senggigi yaitu bambu galah (Gigantochloa atter), bambu dendeng (Bambusa vulgaris), bambu tali (Gigantochloa apus), bambu tutul (Bambusa maculata), dan bambu gereng (Pseudosasa japonica). Potensi bambu muda (rebung) sebanyak 2400 buah dengan nilai sebesar Rp 9.920.000 atau sebesar Rp 43.893 rebung/ha serta potensi bambu tua sebanyak 5345 batang dengan nilai sebesar Rp 51.500.000 atau sebesar Rp 227.876 batang/ha.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Hutan Kemasyarakatan, Inventarisasi, Bambu.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 13 Dec 2018 07:55
Last Modified: 13 Dec 2018 07:55
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11335

Actions (login required)

View Item View Item