PENINGKATAN PARTISIPASI MASYARAKAT UNTUK PENGEMBANGAN DESA EKOWISATA MELALUI PENERAPAN HOSPITALITY MANAGEMENT PADA PEMILIK USAHA JASA DI SEMBALUN

Putra, I Nyoman Nugraha Ardana and Sakti, Dwi Putra Buana and Nurmayanti, Siti and Bisma, I Dewa Gde and Suryawati, Baiq Nurul PENINGKATAN PARTISIPASI MASYARAKAT UNTUK PENGEMBANGAN DESA EKOWISATA MELALUI PENERAPAN HOSPITALITY MANAGEMENT PADA PEMILIK USAHA JASA DI SEMBALUN. Project Report. LPPM Universitas Mataram, Mataram. (Unpublished)

[img] Text
RINGKASAN upload- Copy.docx

Download (15kB)

Abstract

Program pengabdian ini ditujukan untuk memfasilitasi para pemilik usaha di sektor informal yang kesulitan dalam mengembangkan kegiatan usahanya di desa ekowisata Sembalun. Era digital dan informasi di zaman ini menyediakan berbagai macam fasilitas gratis untuk menyebarluaskan informasi. Sebagai bagian dari manajemen pariwisata, hospitality management dengan memanfaatkan sebesar-besarnya pemasaran dengan media online dan offline dapat digunakan untuk meningkatkan daya tarik desa wisata di Sembalun. Pendampingan dan pelatihan yang merupakan program utama dari usul pengabdian ini ditujukan untuk merubah konsep pemasaran tradisional dari para pemilik usaha yang hanya berorientasi pada pemasaran word of mouth saja (pemasaran pasif). Melalui media online ini diharapkan dapat lebih mengenalkan daerah Sembalun sebagai daerah wisata unggulan dan sekaligus juga media promosi terhadap usaha jasa yang mendukung kegiatan pariwisata. Pembukuan sederhana perlu diberikan sebagai bekal para usahawan di sektor informal dalam menata keuangannya dan tidak mencampuradukan dengan keuangan pribadi.

Item Type: Monograph (Project Report)
Keywords (Kata Kunci): Hospitality Management, Pemasaran, Media Online
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisions: Fakultas Ekonomi
Depositing User: Dr. I Nyoman Nugraha Ardana Putra
Date Deposited: 14 Dec 2018 01:10
Last Modified: 14 Dec 2018 01:10
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11341

Actions (login required)

View Item View Item