PUTRA, LALU SINGGIH AJI (2017) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR KIMIA MATERI HIDROKARBON DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DAN JIGSAW PADA SISWA KELAS X MA AL-AZIZIYAH PUTRA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. S1 thesis, UPT. Perpustakaan.
Text
Lalu Singgih A.P (E1M013025).pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar kimia siswa kelas X MA Al- Aziziyah Putra tahun pelajaran 2016/2017 materi hidrokarbon dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan Jigsaw. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X yang terbagi dalam lima kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purporsive sampling dengan pertimbangan jumlah siswa yang sama sehingga terpilih kelas X.A sebagai kelas eksperimen I yang menggunakan model pembelajaran tipe STAD dan kelas X.B sebagai kelas eksperimen II yang menggunakan model pembelajaran tipe Jigsaw . Setelah diberikan perlakuan, siswa kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II memperoleh nilai rata-rata berturut-turut sebesar 58,38 dan 66,5. Uji hipotesis dengan menggunakan uji-t menghasilkan thitung sebesar 4,64 yang lebih besar dari ttabel (1,66), sehingga H0 ditolak. Penerapan model pembelajaran tipe STAD dan Jigsaw memiliki perbedaan pengaruh terhadap hasil belajar kimia pada siswa kelas X materi pokok hidrokarbon di MA Al-Aziziyah Putra tahun pelajaran 2016/2017. Model pembelajaran tipe Jigsaw memberian pengaruh yang lebih baik dalam meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Hasil belajar, model pembelajaran tipe STAD dan Jigsaw, dan materi hidrokarbon. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Wiwin Kartikawati |
Date Deposited: | 14 Nov 2017 01:45 |
Last Modified: | 14 Nov 2017 01:45 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/1135 |
Actions (login required)
View Item |