RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI DESA DENGAN MENGGUNAKAN INTEGRASI WORDPRESS DAN OPEN-SID BERBASIS WEBSITE DESIGN OF VILLAGE INFORMATION SYSTEM USING WORDPRESS AND OPEN-SID INTEGRATION BASED ON WEBSITE

Wiryandito, Brian A. A. (2018) RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI DESA DENGAN MENGGUNAKAN INTEGRASI WORDPRESS DAN OPEN-SID BERBASIS WEBSITE DESIGN OF VILLAGE INFORMATION SYSTEM USING WORDPRESS AND OPEN-SID INTEGRATION BASED ON WEBSITE. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
Jurnal - Brian Abby Ariestyo Wiryandito (F1B114008).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Sistem Informasi Desa (SID) sangat membantu aparatur desa dalam mengelola kependudukan desa dan mengalokasikan bantuan Dana Desa (DD) yang diatur pada Undang– Undang (UU) Nomor 6 Tahun 2014 oleh Pemerintah. Open-SID yang merupakan Sistem Informasi Desa (SID) sumber terbuka terlengkap yang sudah sangat membantu lebih dari 2600 desa di Indonesia, namun dalam hal konten Open-SID masih memiliki tema yang monoton karena tidak memiliki fitur pengganti tampilan dinamis. WordPress memiliki pengaruh yang sangat tinggi terhadap pengembangan perangkat lunak untuk menunjang kebutuhan dinamis dari suatu sistem seperti sistem konten manajemen pada Open-SID. Sehingga penelitian ini dilakukan dengan melakukan integrasi Open-SID dan WordPress untuk meningkatkan potensi dari Open-SID demi menunjang kebutuhan dinamis dari Open-SID yang dimiliki oleh WordPress. Sampel dari penelitian ini adalah plugin yang terdapat di dalam WordPress, plugin dari WordPress untuk beberapa kasus dapat menerapkan metode web scrapping untuk mengambil data yang diolah oleh suatu sistem. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa plugin yang terpasang pada WordPress mempengaruhi dalam otomatisasi proses pengeluaran data tanpa mengubah data dari Open-SID yang sudah tersedia. Basis data dari Open-SID terhubung dengan adanya plugin yang terpasang pada WordPress tersebut, sehingga pengembang dari Open-SID dapat memanfaatkan kebutuhan dinamis dengan fitur – fitur yang sudah lengkap dari WordPress dengan penambahan fitur sistem pendataan desa Open-SID tentang kependudukan yang sudah tersedia sebelumnya.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): WordPress, Open-SID, Integrasi, Plugin
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 17 Dec 2018 03:32
Last Modified: 17 Dec 2018 03:32
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11375

Actions (login required)

View Item View Item