RESPON TANAMAN JAGUNG HIBRIDA (Zea mays L) PADA BEBERAPA TANAMAN PENUTUP DAN SISTEM PENGOLAHAN TANAH DALAM PENERAPAN PERTANIAN KONSERVASI

FAHMI, M. SAEPUL (2018) RESPON TANAMAN JAGUNG HIBRIDA (Zea mays L) PADA BEBERAPA TANAMAN PENUTUP DAN SISTEM PENGOLAHAN TANAH DALAM PENERAPAN PERTANIAN KONSERVASI. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JURNAL FAHMI.pdf

Download (593kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon produksi tanaman jagung hibrida (Zea mays L) Varietas Bisi 18 pada beberapa tanaman penutup dan sistim pengolahan tanah dalam penerapan pertanian konservasi. Penelitian ini telah dilaksanakan di lahan kering di Desa Pemongkong Kecamatan Jerowaru Kabupaten Lombok Timur. Metode yang digunakan adalah metode eksperimental. Menggunakan rancangan petak berjalur Split Block Design. Terdiri dari 2 faktor perlakuan yaitu 4 petak utama (tanpa olah tanah, sistim lubang tanam, sistim ripping tanam, dan sistim pertanian konvensional) dan masing-masing petak utama terdiri dari 5 anak petak (komak bayan, kacang tunggak, kacang sayur, koro benguk, dan tanpa tanaman penutup). Adapun hasil yang didapatkan yaitu perlakuan sistim lubang tanam memberikan pengaruh yang nyata (Segnifikan) terhadap bobot pipilan, bobot berangkasan basah, dan bobot tongkol dengan kelobot tanaman jagung hibrida. Tanaman penutup kacang tunggak memberikan pengaruh yang nyata, lebih tinggi pada parameter bobot pipilan tanaman jagung hibrida, sedangkan untuk parameter bobot berangkasan basah, dan bobot tongkol dengan kelobot ditunjukkan tanaman penutup kacang sayur. Nilai persentase sifat fisik dan kimia tanah sebelum dan setelah penanaman relatife mengalami peningkatan begitu juga dengan harkatnya. Harkat C-organik dan kelas tekstur tanah mengalami perubahan pada perlakuan tanpa olah tanah dimana sebelum penanaman harkat C-organik adalah rendah dengan kelas tekstur lempung berpasir. Setelah penanaman harkat C-organik berubah menjadi harkat sedang dengan kelas tekstur lempung berdebu. Produksi tanaman jagung hibrida pada sistem pengolahan tanah dan beberapa tanaman penutup dan sejalan dengan penerapan pertanian konservasi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Jagung hibrida, pengolahan tanah, tanaman penutup, pertanian konservasi
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 17 Dec 2018 03:32
Last Modified: 17 Dec 2018 03:32
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11383

Actions (login required)

View Item View Item