PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KARTU PECAHAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III SDN 1 MATARAM TAHUN AJARAN 2017/2018

Anggreni, Ni Wayan Sri Devi (2018) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KARTU PECAHAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III SDN 1 MATARAM TAHUN AJARAN 2017/2018. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JURNAL_SKRIPSI_NI WAYAN SRI DEVI ANGGRENI_PGSD_2018.pdf

Download (381kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dari penggunaan media kartu pecahan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas III SDN 1 Mataram. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 1 Mataram pada bulan Mei 2018. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Quasi Experimental Design tipe Nonequivalent Control Group Design. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas III SDN 1 Mataram sebanyak 40 siswa yang lalu dibagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok eksperimen sebanyak 20 siswa dan kelompok kontrol sebanyak 20 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan tes dan dokumentasi. Sebelum diujikan pada sampel, soal intrumen tes dilakukan uji validitas dan reliabilitas terlebih dahulu. Teknik yang digunakan adalah uji-t polled varian. Berdasarkan analisis data dengan uji-t, diperoleh nilai thitung sebesar 0,766 lebih kecil dari ttabel sebesar 2,022 dengan dk 38 pada taraf signifikansi 5% dengan hasil perhitungan koefisien determinasi 1,52%. Maka Ha ditolak dan Ho diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan media kartu pecahan dengan hasil belajar matematika siswa kelas III SDN 1 Mataram tahun ajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kartu Pecahan, Hasil Belajar Matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 17 Dec 2018 03:32
Last Modified: 17 Dec 2018 03:32
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11384

Actions (login required)

View Item View Item