RANGGA, MEI (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERBANTUAN MEDIA LABORATORIUM VIRTUAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA PESERTA DIDIK. S1 thesis, Universitas Mataram.
|
Text
artikel new.pdf Download (191kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model pembelajaran berbasis masalah berbantuan media laboratorium virtual terhadap kemampuan pemecahan masalah fisika. Jenis penelitian ini adalah quasi experimental dengan desain penelitian pretest-postest control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X MAN Lombok Barat dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, karena ada dua kela, X IPA sehingga ditentukan kelas X IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA 2 sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah (KPM) fisika peserta didik kelas eksperimen adalah 59,93, sementara nilai rata-rata KPM kelas kontrol adalah 47,31. Data KPM kedua kelas tersebut terdistribusi normal. Berdasarkan hasil uji homogenitas diperoleh data KPM keduanya homogen. Data KPM dianalisis dengan menggunakan t-test separated varians dan diperoleh thitung sebesar 3,35. Nilai ttabel untuk data KPM sebesar 1,67252, pada taraf signifikan 5%. Nilai thitung lebih besar dari ttabel, artinya terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis masalah berbantuan laboratorium virtual terhadap kemampuan pemecahan masalah fisika peserta didik
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Pembelajaran Berbasis Masalah, Media Laboratorium Virtual, Kemampuan Pemecahan Masalah fisika. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Saprudin Saprudin |
Date Deposited: | 17 Dec 2018 03:32 |
Last Modified: | 17 Dec 2018 03:32 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11388 |
Actions (login required)
View Item |