KELIMPAHAN POPULASI HAMA THRIPS PADA TANAMAN CABAI (Capsicum spp.) PADA MUSIM HUJAN DI TIGA WILAYAH KECAMATAN, KABUPATEN LOMBOK TIMUR

Diniyah, Try Septy Sirrud (2018) KELIMPAHAN POPULASI HAMA THRIPS PADA TANAMAN CABAI (Capsicum spp.) PADA MUSIM HUJAN DI TIGA WILAYAH KECAMATAN, KABUPATEN LOMBOK TIMUR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JURNAL ILMIAH.pdf

Download (443kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelimpahan populasi hama thrips pada tanaman cabai (Capsicum spp.) pada musim hujan 2017/2018 di tiga wilayah kecamatan, kabupaten Lombok Timur. Penelitian ini dilaksanakan dari bulan Januari - Maret 2018 di Desa Bebidas, Kecamatan Wanasaba; Desa Saruk, Kecamatan Masbagik dan Desa Suryawangi, Kecamatan Labuhan Haji. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif dengan melakukan pengamatan di lapangan yang dilakukan dengan pemasangan perangkap. Perangkap yang diguanakan yaitu yellow trap. Pemasangan perangkap dilakukan secara zig-zag pada pertanaman cabai. Hasil penelitian menunjukkan hama Thrips spp. yang didapatkan memiliki nilai kelimpahan berbeda-beda di setiap desa penelitian. Nilai kelimpahan populasi serangga hama thrips secara kumulatif yang didapatkan di Desa Bebidas sebesar 52,88 individu/are dengan rata-rata populasi 60,43 ekor, di Desa Saruk sebesar 57,75 individu/are dengan rata-rata populasi 66 ekor dan di Desa Suryawangi sebesar 60,38 individu/are dengan rata-rata populasi 69 ekor.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Thrips, perangkap, kelimpahan
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 19 Dec 2018 01:59
Last Modified: 19 Dec 2018 01:59
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11402

Actions (login required)

View Item View Item