PELATIHAN PENINGKATAN KOMPETENSI SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DAN GURU PAMONG DALAM PENDAMPINGAN PPL MAHASISWA PGSD FKIP UNIVERSITAS MATARAM SE KECAMATAN MATARAM

irawan, zain and sudirman, sudirman and abdul kadir, jailani PELATIHAN PENINGKATAN KOMPETENSI SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DAN GURU PAMONG DALAM PENDAMPINGAN PPL MAHASISWA PGSD FKIP UNIVERSITAS MATARAM SE KECAMATAN MATARAM. FKIP. (Unpublished)

[img] Text
Artikel M Irawan Zain.doc

Download (139kB)

Abstract

Guru adalah pendidik profesional. Menurut UU No. 14 Tahun 2005, pasal 1 ayat 1, Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. Begitu pentingnya kedudukan guru, maka kompetensi calon guru perlu dipersiapkan sebaik mungkin. Pada ayat 10, kompetensi adalah seperangkat pengetahuan, keterampilan, dan perilaku yang harus dimiliki, dihayati, dan dikuasai oleh guru atau dosen dalam melaksanakan tugas keprofesionalan. Selanjutnya pada pasal 2 ayat 1, guru mempunyai kedudukan sebagai tenaga profesional pada jenjang pendidikan dasar. Dengan kedudukan dan fungsi yang strategis ini calon guru SD perlu dipersiapkan sedemikian rupa agar dapat mendidik, mengajar, membimbing, menilai dan mengevaluasi peserta didiknya dengan benar. PGSD sebagai salah satu Program Studi di FKIP diharapkan mampu mempersiapkan calon guru SD yang memiliki kompetensi dan kualifikasi profesioanalitas. PPL merupakan salah satu dari matakuliah yang harus ditempuh mahasiswa PGSD untuk memenuhi kualifikasi tersebut. Agar pelaksanaan PPL di SD dapat berjalan sesuai yang distandarkan, maka diperlukan pembimbing PPL yang mumpuni. Kepala sekolah dan guru pamong selaku pembimbing langsung di tingkat sekolah setidaknya memiliki kompetensi yang dipersyaratkan. Dalam UU No. 14 Tahun 2005 dinyatakan kompetensi yang harus dimiliki guru adalah kompetensi profesional, kompetensi paedagogis, kompetensi sosial, dan kompetensi kepribadian. Hasil obervasi lapangan di beberapa SD, yaitu di SDN yang menjadi tempat pelaksanaan PPL mahasiswa PGSD khususnya SD se Kecamatan Mataram, yang terdiri 5 gugus, dan masing-masing gugus terdapat 5-6 SD. Selain memperoleh banyak pengalaman ketika PPL, adapula beberapa keluhan mahasiswa, yaitu: (1) pada kegiatan mengajar terbimbing, banyak yang tidak mengacu kepada format penilaian yang distandarkan fakultas (Unit PPL), untuk SD yang menggunakan KTSP-2006, pembimbingan sering tidak terfokus pada turunan SK-KD-Indikator dan skenario pembelajaran; dan untuk K-13, pembimbingan tidak terfokus pada turunan KD-Indikator dan penilaian; (2) belum maksimalnya bimbingan ketika mengajar mandiri, mahasiswa terkesan dilepas mengajar dan sebagai sebuah rutinitas; (3) Sering menjadi guru pengganti ketika guru kelas berhalangan hadir, sehingga mengajar terkesan seadanya karena tidak ada RPP; (4) pekerjaan administrasi lebih sering menjadi prioritas, seperti pengaturan buku perpustakaan, membantu mengisi nilai siswa, dan hal-hal sejenisnya; dan (5) Mahasiswa tidak selalu diberikan ijin konsultasi di pagi hari ke dosen pembimbing skripsi, sehingga terpaksa konsultasi dilakukan sore hari. Akibatnya, penyelesaian studi akhir menjadi molor. Walaupun data di atas merupakan hasil wawancara dengan mahasiswa dan guru pamong terutama ketika dosen melakukan bimbingan, tetapi paling tidak informasi di atas dapat dijadikan acuan untuk segera dicari alternatif jalan keluarnya. Wiles (Imron: 2011:8) berpendapat bahwa supervisi pembelajaran adalah: 1) serangkaian bantuan yang berwujud layanan profesional; 2) layanan profesional tersebut diberikan oleh orang yang lebih ahli kepada guru; dan 3) maksud layanan tersebut adalah agar dapat meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar sehingga tujuan pendidikan yang direncanakan dapat dicapai. Pendapat Wiles di atas menunjukkan bahwa jalan keluar yang paling mungkin dan segera dapat dilakukan adalah melakukan pengabdian kepada masyarakat kepada kepala sekolah dan guru pamong

Item Type: Other
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Mr irawan zain
Date Deposited: 19 Dec 2018 07:33
Last Modified: 19 Dec 2018 07:33
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11418

Actions (login required)

View Item View Item