PELATIHAN “TEKNIK PENGOLAHAN BERBAGAI LIMBAH LOKAL” UNTUK PENYEDIAAN PAKAN KAMBING PE LAKTASI DI MUSIM KEMARAU UNTUK MEMPERTAHANKAN PRODUKSI SUSU KEPADA KELOMPOK TERNAK “KERTA BANGKIT II” DI KECAMATAN GANGGA, KLU.

Asih, A. Rai Somaning and Wiryawan, K G and Nyoman, Sadia and Kertanegara, Kertanegara (2018) PELATIHAN “TEKNIK PENGOLAHAN BERBAGAI LIMBAH LOKAL” UNTUK PENYEDIAAN PAKAN KAMBING PE LAKTASI DI MUSIM KEMARAU UNTUK MEMPERTAHANKAN PRODUKSI SUSU KEPADA KELOMPOK TERNAK “KERTA BANGKIT II” DI KECAMATAN GANGGA, KLU. Abdiinsani Universitas Mataram, 6. ISSN 2356-2935 (Submitted)

[img]
Preview
Text
ARTIKEL PENGAB BOPTN 2018 final.pdf

Download (845kB) | Preview

Abstract

Produktivitas kelompok peternak Kerta Bangkit di desa genggelang Kecamatan Gangga, KLU mengalami penurunan. Selama periode bimbingan SMD dan adanya mahasiswa PKL dan Mahasiswa yang menyelesaikan tugas akhirnya, kelompok peternak ini mendapat bimbingan dan pendampingan yang intensif dan hasilnya terjadi peningkatan produktivitas yang cukup baik. Namun setelah tahun 2014 peran SMD terhenti karena kontraknya telah selesai, “Kelompok Ternak Kambing PE Kerta Bangkit” tidak lagi memerah kambingnya dengan alasan sibuk, dan sulitnya mencari pakan kambing terutama pada musim kemarau menyebabkan produksi susu kambingnya menurun bahkan tidak berproduksi sama sekali. Kalau ada pakan peternak harus mengeluarkan biaya yang relatif cukup tinggi kalau peternak mencari pakan sendiri harus pergi jauh keluar desa mereka. Sehingga pendapatannya kembali menurun. Keadaan menjadi lebih terpuruk dengan adanya dampak gempa populasi menjadi menurun karena sebagian peternak menjual kambing untuk memenuhi kebutuhan pokok. Sehingga kelompok ini masih memerlukan bimbingan teknik pemeliharan kambing perah, terutama pengadaan pakan yang murah dan mudah didapat dengan system pemerahan yang praktis, agar dapat meningkatkan kembali pendapatan mereka. Kegiatan pengabdian ini diawali dengan survey pendahuluan guna menginventarisir permasalahan yang dihadapi oleh kelompok peternak ini pasca gempa, sekaligus sosialisasi rencana program pengabdian ini. Kegiatan pelatihan berlangsung secara periodik selama 2 bulan diisi dengan kegiatan ceramah dan diskusi, demontrasi dan praktik langsung pembuatan pakan komplit, kemudian dilanjutkan dengan demontrasi teknik pembuatan pakan fermentasi oleh kelompok ternak. Dua minggu kemudian dilakukan monitoring untuk melihat hasil fermentasi, kemudian dicobakan pemberiannya pada ternak kambing yang dipeliharanya. Monitoring lanjutan dilakukan sambil mengevaluasi kegiatan dengan mengamati antusiasme dan partisipasi peserta selama mengikuti kegiatan ceramah dan diskusi, dan keseriusan peserta pada saat pelaksanaan demonstrasi teknik fermentasi, dengan mengamati dan mewawancara beberapa peserta seminggu setelah selesai melaksanakan kegiatan. Kegiatan pengabdian ini dapat dikatakan berhasil yang diindikasikan oleh antusiasme dan partisipasi peserta sangat baik, dan mereka berjanji melaksanakan dan mempraktikkan keterampilan yang sudah diperoleh selama mengikuti pelatihan. Luaran yang dihasilkan adalah berupa produk inovasi pakan kambing komplit berbasis limbah pertanian dan perkebunan.

Item Type: Article
Keywords (Kata Kunci): Pelatihan, pakan kambing, fermentasi, limbah pertanian dan perkebunan
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: Ir A. Rai Somaning Asih, Ph.D
Date Deposited: 28 Dec 2018 01:03
Last Modified: 28 Dec 2018 01:03
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11425

Actions (login required)

View Item View Item