Export Marketing Management: A Comparison on Three Perspectives

SULHAINI, SULHAINI (2018) Export Marketing Management: A Comparison on Three Perspectives. Distribusi, xxx1 (1). pp. 1-17. ISSN 0853-957X

[img]
Preview
Text
EXPORT MARKETING MANAGEMENT A COMPARISON ON THREE PERSPECTIVES.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengkaji perkembangan pemikiran dalam literatur manajemen pemasaran ekspor. Kajian ini diawali dengan telaah terhadap teori neo-classical microenomic kemudian diikuti oleh kajian terhadap perspektif relational dan kemudian learning. Kajian ini memberikan pemahaman mengenai kontribusi masing-masing perspektif terhadap literatur manajemen pemasaran ekspor. Kajian ini juga memberikan pemahaman mengenai kelemahan dari perspektif terdahulu yang memicu munculnya perspektif baru yang dianggap lebih tepat karena memberikan pemahaman yang lebih komprehensif bila diterapkan dalam manajemen pemasaran ekspor. Perspektif neo-classical microeconomic yang menekankan bauran pemasaran dianggap tidak komplit dan tak dapat diaplikasikan di berbagai lingkungan pasar ekspor, sementara perspektif relational memberikan pemahaman bahwa bauran pemasaran bukanlah yang pertama dan utama tapi pengembangan hubungan bisnis menjadi penentu kesuksesan ekspor. Akan tetapi perspektif ini belum mampu menjelaskan mengapa kemampuan mengembangkan hubungan bisnis para eksportir berbeda-beda yang pada akhirnya menentukan tingkat kesuksesan ekspor. Perspektif learning memberikan jawaban bahwa kesuksesan ekspor ditentukan oleh kemampuan mengembangkan hubungan bisnis yang dilandasi oleh orientasi belajar dalam perusahaan.

Item Type: Article
Keywords (Kata Kunci): neoclassical microeconomic perspective, relational perspective, learning perspective
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi
Depositing User: Mrs Sulhaini Sulhaini
Date Deposited: 28 Dec 2018 01:05
Last Modified: 28 Dec 2018 01:05
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11434

Actions (login required)

View Item View Item