ANALISIS PENGARUH BERANTAI DARI LEARNING, MARKET DAN ENTREPRENEURIAL ORIENTATIONS TERHADAP RELATIONAL CAPABILITY

SULHAINI, SULHAINI (2013) ANALISIS PENGARUH BERANTAI DARI LEARNING, MARKET DAN ENTREPRENEURIAL ORIENTATIONS TERHADAP RELATIONAL CAPABILITY. Project Report. Mataram University Press, Mataram. (Unpublished)

WarningThere is a more recent version of this item available.
[img]
Preview
Text
LAPORAN-Sulhaini-Fundamental-2013.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

RINGKASAN Tujuan umum dari penelitian ini adalah untuk memberikan kontribusi pada perkembangan teori relationship marketing dengan mengkaji hubungan berantai dari tiga orientasi yaitu learning, market dan entrepreneurial terhadap Relational Capability. Penelitian ini juga mengambil subyek pada UKM. Sehingga diharapkan dari penelitian ini diperoleh rekomendasi dari para pemangku kepentingan dalam upaya peningkatan daya saing dan jangkauan pemasaran UKM. Selain itu pula, rencana penelitian ini disusun karena tim menyadari peran UKM yang sangat penting dalam perekonomian bangsa, mulai dari penciptaaan lapangan kerja, pengentasan kemiskinan maupun perolehan devisa melalui ekspor. Namun sayangnya ada trend yang kurang menggembirakan pada perkembangan UKM pada beberapa tahun terakhir di NTB termasuk Lombok. Penyerapan tenaga kerja dan ekspor UKM kurang menggembirakan bahkan ada kecenderungan negatif. Penelitian ini direncanakan akan terlaksana selama satu tahun dengan menggunakan survey, adapun instrumen penelitiannya adalah kuesioner yang akan digunakan untuk interview pada responden sebanyak 120 orang di berbagai sentra kerajinan yang dianggap dapat mendukung pengembangan industri pariwisata Lombok. Sentra-sentra kerajinan yang dituju ada lima yang berada di Lombok Barat dan Lombok Tengah. Teknik analisa data kuantitatif menggunakan SEM (Structural Equation Modeling) dengan aplikasi Amos 21. Hasil analisis menunjukkan bahwa Learning Orientation tidak signifikan berpengaruh langsung terhadap Relational Capability akan tetapi berpengaruh terhadap Relational Capability melalui Market Orientation dan Entrepreneurial orientation. Learning orientation berpengaruh kuat terhadap Market Orientation dan Entrepreneurial Oreintation. Relational Capability dipengaruhi oleh Market Orientation dan Entrepreneurial Orientation di mana keduanya saling melengkapi. Pembinaan bagi UKM sebaiknya menekankan pada ketiga orientasi tersebut untuk meningkatkan kemampuan mengembangkan hubungan bisnis. Bagi para praktisi, kemampuan relational dapat dikembangkan melalui implementasi ketiga orientasi tersebut dalam budaya organiasasi perusahaan. Penelitian selanjutnya perlu dilakukan dengan memperluas wilayah penelitian, industri yang berbeda, menambah variabel dan indikator serta menggunakan metode yang berbeda serta perlu adanya penelitian aplikasi.

Item Type: Monograph (Project Report)
Keywords (Kata Kunci): LEARNING, MARKET, ENTREPRENEURIAL ORIENTATIONS RELATIONAL CAPABILITY
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi
Depositing User: Mrs Sulhaini Sulhaini
Date Deposited: 28 Dec 2018 01:05
Last Modified: 28 Dec 2018 01:05
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11440

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item