DENSITAS ZOOXANTHELLAE PADA FRAGMENTASI ANEMON PASIR YANG DIRENDAM DENGAN KONSENTRASI EKSTRAK DAUN JARAK TINTIR YANG BERBEDA

Azizah, Nur (2018) DENSITAS ZOOXANTHELLAE PADA FRAGMENTASI ANEMON PASIR YANG DIRENDAM DENGAN KONSENTRASI EKSTRAK DAUN JARAK TINTIR YANG BERBEDA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JURNAL.pdf

Download (123kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui densitas zooxantellae dan tingkat kelangsungan hidup hasil fragmentasi anemon pasir (H. malu) yang direndam dengan konsentasi ekstrak Daun Jarak (Jatropha multifida Linn) yang berbeda. Penelitian menggunakan rancangan acak lengkap (RAL) dengan perlakuan : K- (tanpa fragmentasi), K+ (hasil fragmentasi dan konsentrasi ekstrak 0 ml/L), P1 (hasil fragmentasi dan konsentrasi ekstrak 1 ml/L), P2 (hasil fragmentasi dan konsentrasi ekstrak 5 ml/L) , dan P3 (hasil fragmentasi dan konsentrasi ekstrak 9ml/L). Uji ANOVA dengan taraf nyata 5% dilakukan untuk mengetahui adanya perbedaan densitas zooxhantellae berdasarkan perlakuan. Sedangkan tingkat kelangsungan hidup anemon dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pengaruh pemberian ekstrak daun dengan konsentrasi yang berbeda tidak memberikan hasil yang signifikan terhadap densitas zooxanthellae. Berdasarkan kondisi morfologi anemone dapat terlihat bahawa perendaman dengan menggunakan ekstrak daun jarak mempercepat proses penyembuhan dan mempersingkat masa stres anemon pasca fragmentasi. Tingkat kelangsungan hidup pada perlakuan anemon tanpa fragmentasi memberikan hasil yang sama dengan anemon hasil fragmentasi dengan konsentrasi ekstrak daun jarak 9 ml/L yaitu sebesar 100%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): anemon pasir, fragmentasi, zooxanthellae, dan daun jarak
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Program Studi Perairan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 07 Jan 2019 01:41
Last Modified: 07 Jan 2019 01:41
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11449

Actions (login required)

View Item View Item