PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY DAN INKUIRI BEBAS TERHADAP KEMAMPUAN METAKOGNITIF DAN SIKAP ILMIAH PESERTA DIDIK DI SMAN 1 LABUAPI TAHUN AJARAN 2016/2017

AMRULLAH, DEDI (2018) PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY DAN INKUIRI BEBAS TERHADAP KEMAMPUAN METAKOGNITIF DAN SIKAP ILMIAH PESERTA DIDIK DI SMAN 1 LABUAPI TAHUN AJARAN 2016/2017. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
Artikel Skripsi.pdf

Download (756kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui Perbedaan Model Pembelajaran Discovery dan Inkuiri Bebas Terhadap Kemampuan Metakognitif dan Sikap Ilmiah Peserta Didik di SMAN 1 Labuapi Tahun Ajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian pre-eksperimen, dengan desain penelitian static group comparison. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI di SMAN 1 Labuapi. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purposive Sampling. Kelas perlakuan 1 diajarkan model pembelajaran Inkuiri Bebas dan kelas perlakuan 2 diajarkan model pembelajaran Discovery. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah inventori kemampuan metakognitif dan angket sikap ilmiah. Data kemampuan metakognitif dan sikap ilmiah peserta didik dianalisis menggunakan skala pengukuran yang telah ditentukan. Nilai rata- rata kemampuan metakognitif kelas perlakuan 1 lebih tinggi daripada kelas perlakuan 2, dan nilai rata-rata sikap ilmiah kelas perlakuan 2 lebih tinggi daripada kelas perlakuan 1. Hasil uji hipotesis kemampuan metakognitif dan sikap ilmiah peserta didik menunjukkan thitung>ttabel. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan Model Pembelajaran Discovery dan Inkuiri Bebas terhadap Kemampuan Metakognitif dan Sikap Ilmiah Peserta Didik di SMAN 1 Labuapi Tahun Ajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model Pembelajaran Discovery, Model Pembelajaran Inkuiri Bebas Kemampuan Metakognitif, Sikap Ilmiah.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 07 Jan 2019 01:41
Last Modified: 07 Jan 2019 01:41
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11451

Actions (login required)

View Item View Item