HUBUNGAN ANTARA PEMBERIAN FASILITAS BELAJAR OLEH ORANG TUA DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI GUGUS I PRINGGABAYA TAHUN 2017/2018

WULANDARI, B. SEPTINA (2018) HUBUNGAN ANTARA PEMBERIAN FASILITAS BELAJAR OLEH ORANG TUA DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI GUGUS I PRINGGABAYA TAHUN 2017/2018. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
jurnal.pdf

Download (577kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya pemberian fasilitas belajar oleh orang tua pada anak di SD Negeri Gugus I Kecamatan Pringgabaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pemerian fasilitas belajar oleh orang tua dengan prestasi belajar siswa kelas V SD Negeri Gugus I Kecamatan Pringgabaya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode korelasional, yaitu suatu penelitian yang melibatkan tindakan pengumpulan data guna menentukan apakah ada hubungan antara pemberian fasilitas belajar oleh orangtua dengan prestasi belajar siswa kelas V. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan teknik purposive sampling dan diperoleh sampel sebanyak 49 dari populasi yang berjumlah 95 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah statistik menggunakan korelasi product moment. Hasil dari analisis menggunakan korelasi product moment dengan df = 49 pada taraf signifikan 5% menunjukkan bahwa rhitung0,845>rtabel0,281. Maka Ho yang diajukan ditolak dan sebaliknya Ha yang diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi yang positif dan signifikan antara pemberian fasilitas belajar oleh orangtua dengan prestasi belajar siswa kelas V SD Negeri Gugus I Kecamatan Pringgabaya. Positif dan signifikan berarti pemberian fasilitas belajar oleh orangtua yang memadai akan mengakibatkan prestasi belajar siswa bagus/tinggi, demikian pula sebaliknya pemberian fasilitas belajar oleh orangtua yang kurang maka prestasi belajar siswa juga kurang/rendah.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Fasilitas Belajar, Prestasi Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 07 Jan 2019 01:40
Last Modified: 07 Jan 2019 01:40
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11468

Actions (login required)

View Item View Item