PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVETIGATION (GI) TERHADAP PRESTASI BELAJAR PPKn

MASTURA, MASTURA (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVETIGATION (GI) TERHADAP PRESTASI BELAJAR PPKn. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL MASTURA.pdf

Download (672kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian adalah ini untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) terhadap prestasi belajar sisiwa mata pelajaran PPKn. Penelitian ini merupakan penelitian pre eksperimen dengan Static Group Comparison Design. Sampel dalam penelitian ini 22 orang di kelas eksperimen dan 21 orang di kelas statik. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah instrumen tes bentuk pilihan ganda sebanyak 20 item yang sudah memenuhi persyaratan instrument penelitian. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan ada pengaruh yang signifikan antara prestasi belajar siswa mata pelajaran PPKn siswa kelas eksperiemen dan kelas kontrol. Implikasinya praktis adalah model pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) dapat digunakan dan secara teoritis memperkuat teori konstruktivistik sebagai backgroud teori pengembangan model pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Group Invetigation (GI), Prestasi Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 07 Jan 2019 01:40
Last Modified: 07 Jan 2019 01:40
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11476

Actions (login required)

View Item View Item