PENGARUH KOMBINASI JENIS KEMASAN DAN MASA SIMPAN TERHADAP SIFAT MIKROBIOLOGI, KIMIA, FISIK DAN ORGANOLEPTIK TEPUNG SINGKONG FERMENTASI

PRATIWI, ROSITA AYU (2018) PENGARUH KOMBINASI JENIS KEMASAN DAN MASA SIMPAN TERHADAP SIFAT MIKROBIOLOGI, KIMIA, FISIK DAN ORGANOLEPTIK TEPUNG SINGKONG FERMENTASI. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL ROSITA AYU PRATIWI_J1A 014 110.pdf

Download (403kB) | Preview

Abstract

Tepung singkong fermentasi dapat mengalami perubahan sifat dengan cepat selama penyimpanan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui kombinasi terbaik antara jenis kemasan dengan masa simpan yang dapat mempertahankan mutu tepung singkong fermentasi (mocaf). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimental dengan rancangan percobaan Rancangan Acak Kelompok (RAK) faktor tunggal (jenis kemasan dan masa simpan) dengan 9 kombinasi perlakuan dan masing-masing perlakuan dibuat 3 ulangan. Parameter yang diamati meliputi total mikroba, total kapang, kadar air, nilai L, benda asing serta warna dan aroma). Data hasil pengamatan dianalisis menggunakan analisis keragaman (ANOVA). Data yang menunjukkan pengaruh yang berbeda nyata diuji lanjut menggunakan uji lanjut Beda Nyata Jujur (BNJ) dengan taraf 5%, sedangkan pada pengamatan hasil uji mikrobiologi digunakan metode deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kombinasi jenis kemasan dan masa simpan memberikan pengaruh yang berbeda nyata terhadap total mikroba, kadar air dan organoleptik warna dan aroma secara skoring dan hedonik, namun tidak berbeda nyata pada total kapang, nilai L dan benda asing tepung singkong fermentasi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa penggunaan kemasan alumunium foil mampu mempertahankan sifat tepung singkong fermentasi selama penyimpanan 56 hari dengan total mikroba (7,4 x 105 CFU/g), total kapang (<1,0 x 102 CFU/g), kadar air (10,12%), nilai L (92,41), tidak terdapat benda asing dan mutu organoleptik yang disukai dan dapat diterima konsumen.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): tepung mocaf, jenis kemasan, masa simpan.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 07 Jan 2019 01:39
Last Modified: 07 Jan 2019 01:39
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11488

Actions (login required)

View Item View Item