PENGARUH JENIS KEMASAN TERHADAP MUTU TAHU YANG DIREBUS AKAR ILALANG SEBAGAI PENGAWET ALAMI SELAMA PENYIMPANAN SUHU RUANG

YAHYA, DAHNIAR (2018) PENGARUH JENIS KEMASAN TERHADAP MUTU TAHU YANG DIREBUS AKAR ILALANG SEBAGAI PENGAWET ALAMI SELAMA PENYIMPANAN SUHU RUANG. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL DAHNIAR YAHYA_J1A 014 020.pdf

Download (459kB) | Preview

Abstract

Tahu merupakan produk makanan berupa padatan lunak yang dibuat melalui proses pengolahan kedelai (Glycine Species) dengan cara pengendapan protein. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh jenis kemasan terhadap mutu tahu perebusan dengan akar ilalang (Imperata cylindrical L.) selama penyimpanan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimental dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) satu faktor yang terdiri dari 6 perlakuan yaitu Tanpa Kemasan (Kontrol), kemasan Polypropylene, Polyethylene, Aluminium foil, kombinasi HDPE-Aluminium foil dan Oriented Polypropylene. Parameter yang diamati berupa mutu mikrobiologi (total mikroba dan total bakteri Escherichia coli), mutu kimia (kadar air dan kadar abu) dan mutu organoleptik (warna, kenampakan, aroma dan rasa). Data dianalisis menggunakan software Co-Stat dan perlakuan yang berbeda nyata diuji lanjut dengan menggunakan Beda Nyata Jujur (BNJ) dengan taraf nyata 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis kemasan tahu perebusan dengan akar ilalang tidak memberikan pengaruh terhadap total mikroba, total bakteri Escherichia coli, kadar air (penyimpanan 0 jam dan 36 jam), kadar abu, organoleptik warna, kenampakan, aroma serta rasa (penyimpanan 0 jam dan 18 jam) namun memberikan pengaruh terhadap kadar air (penyimpanan 18 jam), organoleptik warna, kenampakan, aroma serta rasa (penyimpanan 36 jam). Parameter organoleptik (warna, kenampakan, aroma dan rasa) tidak memenuhi SNI, adapun total mikroba memenuhi SNI kecuali perlakuan tanpa kemasan, Polyprophylene dan Polyethylene, dan total bakteri Escherichia coli semua perlakuan memenuhi syarat mutu SNI. Perlakuan kemasan Aluminium foil, HDPE-Aluminium foil dan Oriented polypropylene mampu bertahan hingga penyimpanan 36 jam berdasarkan mutu mikrobiologi, kadar air dan mutu organoleptik yang dapat diterima panelis.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Akar ilalang, Kemasan, Perebusan, Tahu.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Pangan dan Agroindustri
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 07 Jan 2019 01:39
Last Modified: 07 Jan 2019 01:39
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11489

Actions (login required)

View Item View Item