KINERJA CAMPURAN AC-WC MENGGUNAKAN ASPAL TUA DENGAN PEREMAJA MINYAK JELANTAH DAN EKSTRAK BUAH MENGKUDU The Performance Of Mixture AC-WC Using An Aged Asphalt With The Waste Cooking Oil Rejuvenation And Extract Of Noni Fruit

HURIYATI, AISYAH ASHRI (2018) KINERJA CAMPURAN AC-WC MENGGUNAKAN ASPAL TUA DENGAN PEREMAJA MINYAK JELANTAH DAN EKSTRAK BUAH MENGKUDU The Performance Of Mixture AC-WC Using An Aged Asphalt With The Waste Cooking Oil Rejuvenation And Extract Of Noni Fruit. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
artikel ilmiah.pdf

Download (842kB) | Preview

Abstract

Perkerasan jalan merupakan aspek penting dalam menunjang kelancaran sistem transportasi. Penuaan aspal merupakan salah satu penyebab terjadinya penurunan kualitas perkerasaan lentur. Aspal yang mengalami penuaan atau sudah tidak memenuhi spesifikasi dapat diperbaiki sifat fisiknya yaitu dengan penambahan bahan peremaja berupa minyak jelantah dan ekstrak buah mengkudu. Hasil pengujian sifat fisik aspal tua dengan variasi penambahan kadar peremaja minyak jelantah dan ekstrak buah mengkudu yang digunakan yaitu 1.5%, 2% dan 2,5% dapat memperbaiki sifat fisik aspal sehingga memenuhi spesifikasi yang disyaratkan sebagai bahan jalan. Penentuan KAO menggunakan aspal baru penetrasi 60/70, kemudian dilakukan pemeriksaan sifat volumetrik dan mekanis campuran maka diperoleh KAO sebesar 6.25%. Selanjutnya dibuatkan campuran baru berdasarkan KAO menggunakan aspal tua dengan penambahan minyak jelantah dan ekstrak buah mengkudu. Dari hasil pengujian volumetrik dan mekanis marshall standard dan immersion campuran, didapatkan penambahan 2 % minyak jelantah dan ekstrak buah mengkudu pada aspal tua dapat direkomendasikan sebagai bahan campuran karena mampu mengembalikan kualitas campuran sehingga memenuhi spesifikasi Umum Bina Marga 2010.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Penuaan aspal, peremaja, AC-WC, marshall test, immersion test.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 07 Jan 2019 01:39
Last Modified: 07 Jan 2019 01:39
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11495

Actions (login required)

View Item View Item