EVALUASI KUALITAS KAYU RAJUMAS YANG TERSEBAR DI DAERAH LOMBOK BERDASARKAN SNI 7973-2013 DENGAN MENGGUNAKAN METODE STATISTIK INFERENSIAL THE EVALUATION OF THE RAJUMAS QUALITY IN LOMBOK BASED ON SNI 7973-2013 USING INFERENTIAL STATISTIC METHOD

Ramadhani, Fitria Dika (2018) EVALUASI KUALITAS KAYU RAJUMAS YANG TERSEBAR DI DAERAH LOMBOK BERDASARKAN SNI 7973-2013 DENGAN MENGGUNAKAN METODE STATISTIK INFERENSIAL THE EVALUATION OF THE RAJUMAS QUALITY IN LOMBOK BASED ON SNI 7973-2013 USING INFERENTIAL STATISTIC METHOD. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
Artikel Ilmiah.pdf

Download (755kB) | Preview

Abstract

Terdapat banyak sentra produksi kayu Rajumas yang berada di pulau Lombok, akan tetapi kebanyakan dari masyarakat tidak memperhatikan kualitas dari kayu yang akan dibeli. Perlu dilakukan penelitian lebih lanjut tentang mengevaluasi kualitas kayu Rajumas, dengan maksud agar masyarakat bisa mengetahui mutu kayu Rajumas yang di perdagangkan di pulau Lombok. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan kualitas dan mutu kayu antar sentra produksi. Pengambilan sampel kayu terdiri dari 3 lokasi pada Lombok Barat, Lombok Tengah, dan Lombok Timur. Penelitian kayu Rajumas meliputi pengujian kadar air, berat jenis, kuat tekan, kuat tarik, kuat lentur dan kuat geser yang mengacu pada SNI. Data Hasil penelitian dianalisis menggunakan analisis tingkat signifikan yaitu metode statistik. Metode statistik digunakan untuk mengetahui perbedaan kualitas kayu Rajumas antar sentra produksi. Hasil Penelitian menunjukkan terdapat perbedaan secara signifikan pada kadar air lapangan dan kadar air ideal, namun pada kadar air sentra Gunung Sari (Lombok Barat) dan Sikur (Lombok Timur) memiliki kadar air tidak berbeda secara signifikan. Dari ketiga kabupaten, kuat tekan tertinggi dari daerah Gunung Sari, Lombok Barat (41.49 MPa). Hasil kuat geser berbeda secara signifikan di setiap sentra, kuat geser tertinggi berasal dari daerah Sikur, Lombok Timur (9.12 MPa). Hasil kuat tarik berbeda secara signifikan di setiap sentra, dan kuat tarik tertinggi dari daerah Sikur, Lombok Timur (56.26 MPa). Dan kuat lentur juga berbeda secara signifikan di setiap sentra, kuat lentur tertinggi pada daerah Gunung Sari, Lombok Barat (65.22 MPa).

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): kayu Rajumas, kadar air, kuat tekan, kuat geser, kuat tarik, kuat lentur, mutu kayu.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 07 Jan 2019 01:38
Last Modified: 07 Jan 2019 01:38
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11499

Actions (login required)

View Item View Item