STUDI PERBANDINGAN BIAYA DAN WAKTU DENGAN METODE KONVENSIONAL DAN B-PANEL (Studi Pada Renovasi dan Rehabilitasi Ruang Kelas SDN 9 Mataram) COMPARISON STUDY OF COST AND TIME WITH CONVENTIONAL AND B-PANEL METHODS (Study on Renovation and Rehabilitation of Classrooms of SDN 9 Mataram)

Fadilah, Arief Rahman (2018) STUDI PERBANDINGAN BIAYA DAN WAKTU DENGAN METODE KONVENSIONAL DAN B-PANEL (Studi Pada Renovasi dan Rehabilitasi Ruang Kelas SDN 9 Mataram) COMPARISON STUDY OF COST AND TIME WITH CONVENTIONAL AND B-PANEL METHODS (Study on Renovation and Rehabilitation of Classrooms of SDN 9 Mataram). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL PDF.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi konstruksi saat ini mengalami kemajuan pesat, yang ditandai dengan munculnya berbagai jenis material dan peralatan yang modern. Salah satu teknologi atau metode yang sedang diterapkan di Jawa dan Bali saat ini adalah B-Panel. B-Panel adalah panel beton pracetak-prategang yang merupakan sistem bahan bangunan hemat energi dan ramah lingkungan yang inovatif. Keunggulan tersebut karena B-Panel terpadu dari panel komposit beton reinforced- expanded polystyrene (EPS) yang memiliki karakteristik insulasi thermal dan akustik serta ketahanan terhadap gempa. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan rencana anggaran biaya (RAB) dan waktu rencana pelaksanaan dengan Metode Konvensional dan Metode B-Panel pada pekerjaan konstruksi renovasi dan rehabilitasi ruang kelas SD Negeri 9 Mataram. Berdasarkan hasil perhitungan analisis rencana anggaran biaya (RAB) dan waktu rencana dengan metode konvensional didapatkan biaya total sebesar Rp. 268,128,076.11 dengan lama waktu pengerjaan 52 hari. Sedangkan untuk metode B-Panel didapatkan biaya sebesar Rp. 369,428,394.48 dengan lama waktu pengerjaan 27 hari. Selisih dari kedua metode tersebut pada besaran biaya Rp. 101,300,318.37 atau 42.06% lebih murah dengan metode konvensional, sedangkan pada aspek waktu pengerjaan dengan metode B-Panel 25 hari atau 34.18% lebih cepat dari metode konvensional.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Metode Konvensional, Metode B-Panel, RAB, Waktu.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 07 Jan 2019 01:38
Last Modified: 07 Jan 2019 01:38
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11500

Actions (login required)

View Item View Item