RANCANG BANGUN SISTEM KLASIFIKASI PEMINATAN AKADEMIK BAGI SISWA SMA MENGGUNAKAN LOGIKA FUZZY BERTINGKAT BERBASIS WEBSITE

Ramadan, Putra Rahmat (2018) RANCANG BANGUN SISTEM KLASIFIKASI PEMINATAN AKADEMIK BAGI SISWA SMA MENGGUNAKAN LOGIKA FUZZY BERTINGKAT BERBASIS WEBSITE. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TA Putra Rahmat Ramadan (F1B114030).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Peminatan Akademik pada tingkat Sekolah Menegah Atas (SMA) atau sederajat memiliki tujuan untuk memberikan kesempatan kepada peserta didik mengembangkan kompetensi sikap, kompetensi pengetahuan, dan kompetensi keterampilan peserta didik sesuai dengan minat, bakat dan/atau kemampuan akademik dalam sekelompok mata pelajaran keilmuan, namun banyak sekolah masih melakukan penentuan peminatan akademik dengan banyak pertimbangan. Logika Fuzzy adalah suatu proses pengambilan keputusan berbasis aturan yang bertujuan untuk memecahkan masalah yang sulit dan terdapat ketidakjelasan. Sehingga penelitian ini dilakukan untuk membuat sistem penentuan keputusan dalam penentuan peminatan akademik siswa SMA dengan pemodelan logika fuzzy metode Takegi Sugeno Kang (TSK) secara bertingkat untuk setiap peminatan akademik siswa. Proses penentuan peminatan akademik ini dengan cara mempertimbangkan kemampuan, bakat dan minat siswa terhadap suatu peminatan. Sehingga luaran dari sistem ini berupa kelayakan dari setiap peminatan akademik yang kemudian peminatan dengan kelayakan tertinggi merupakan hasil peminatan siswa. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa logika fuzzy metode TSK yang dilakukan secara bertingkat dapat menentukan peminatan akademik secara akurat. Persentase akurasi antara peminatan akademik secara manual dan sistem pendukung keputusan ini mendekati nilai maksimal. Secara umum logika fuzzy dapat menangani faktor ketidakpastian secara baik sehingga dapat diimplementasikan pada proses pengambilan keputusan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Logika Fuzzy, Sistem Pendukung Keputusan, Peminatan Akademik.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 07 Jan 2019 01:37
Last Modified: 07 Jan 2019 01:37
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11501

Actions (login required)

View Item View Item