MEMPREDIKSI KEPRIBADIAN SESEORANG BERDASARKAN BENTUK TULISAN TANGAN HURUF “ i ” , “ o ”, DAN “ t ” MENGGUNAKAN METODE LEVENBERG MARQUARDT BACKPROPAGATION (LMB)

Robbani, Annisa Mujahidah (2018) MEMPREDIKSI KEPRIBADIAN SESEORANG BERDASARKAN BENTUK TULISAN TANGAN HURUF “ i ” , “ o ”, DAN “ t ” MENGGUNAKAN METODE LEVENBERG MARQUARDT BACKPROPAGATION (LMB). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
MEMPREDIKSI KEPRIBADIAN SESEORANG BERDASARKAN BENTUK TULISAN TANGAN HURUF i o DAN t MENGGUNAKAN METODE LEVENBERG MARQUARDT BACKPROPAGATION LMB.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Abstract-Beberapa literature membuktikan bahwa Graphology adalah ilmu yang sangat berguna, sebagai contoh organisasi professional melakukan kerjasama dengan seseorang yang ahli dalam analisis tulisan tangan yang disebut Graphologist untuk menganalis karakter berdasarkan tulisan tangan dari calon karyawan sebagai salah satu persyaratan penerimaan karyawan baru. Tapi, tingkat akurasi dari proses analisis tulisan tangan tergantung pada seberapa terampilnya Graphologist, dimana dua orang Graphologist kemungkinan dapat memiliki hasil analisis yang berbeda walaupun kedua Graphologist tersebut melakukan analisis pada sebuah tulisan tangan yang sama. Sebagai langkah untuk meningkatkan tingkat akurasi, penulis termotivasi untuk mengembangkan sebuah sistem yang dapat memprediksi kepribadian seseorang secara otomatis berdasarkan bentuk tulisan tangan huruf "i", "o", dan "t" menggunakan metode Levenberg Marquardt Backpropagation. Berdasarkan penelitian yang telah penulis lakukan diketahui bahwa nilai akurasi maksimum dapat diperoleh pada Levenberg Marquardt Backpropagation Neural Network yang menggunakan dua buah hidden layers, dimana nilai akurasi untuk huruf “i” adalah 71,42%; untuk huruf “o” adalah 76,92% ; dan untuk huruf “t” adalah 60%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Graphology, Image Processing, Levenberg Marquardt Backpropagation, Tulisan Tangan, Bentuk Tulisan Tangan.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 07 Jan 2019 01:37
Last Modified: 07 Jan 2019 01:37
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11506

Actions (login required)

View Item View Item