KLASIFIKASI PENENTUAN JENIS BUAH BERDASARKAN INTENSITY DAN CHAIN CODE MENGGUNAKAN ALGORITMA K-NEAREST NEIGHBOR CLASSIFICATION OF DETERMINING FRUIT TYPES BASED ON INTENSITY AND CHAIN CODE USING K-NEAREST NEIGHBOR ALGORITHM

Loupatty, Renyta Monica (2018) KLASIFIKASI PENENTUAN JENIS BUAH BERDASARKAN INTENSITY DAN CHAIN CODE MENGGUNAKAN ALGORITMA K-NEAREST NEIGHBOR CLASSIFICATION OF DETERMINING FRUIT TYPES BASED ON INTENSITY AND CHAIN CODE USING K-NEAREST NEIGHBOR ALGORITHM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
16 JURNAL.pdf

Download (550kB) | Preview

Abstract

Salah satu contoh dari penggunaan teknologi informasi dalam bidang pertanian yaitu penentuan jenis-jenis buah dan pensortiran jenis-jenis buah secara otomatis. Secara umum biasanya buah mudah untuk dibedakan berdasarkan warna dan bentuk dari buah itu sendiri, karena warna dan juga bentuk buah pada umumnya memiliki ciri khas masing-masing walaupun terkadang ada beberapa jenis buah yang terlihat mirip. Penelitian ini mengklasifikasi jenis buah, antara lain buah apel fuji, jeruk manis dan pir asian dengan ekstraksi fitur warna dan fitur bentuk menggunakan algoritma K-Nearest Neighbor. Pembuatan sistem klasifikasi ini menggunakan MATLAB R2014B. Proses ekstraksi fitur warna pada penelitian ini menggunakan HSI dan ekstraksi fitur bentuk menggunakan chain code. Algoritma K-Nearest Neighbor digunakan untuk mengklasifikasi menggunakan nilai K. Berdasarkan hasil pengujian, klasifikasi jenis buah apel fuji, jeruk manis dan pir asian berdasarkan intensity dan chain code menggunakan algoritma K-Nearest Neighbor memperoleh persentase keberhasilan sebesar 32.85%. Nilai fitur pada chain code untuk klasifikasi jenis buah berpengaruh pada persentase keberhasilan. Persentase tertinggi terdapat pada fitur boundary pada pengenalan buah pir untuk K = 7 yaitu sebesar 91.67%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Chain code, K-Nearest Neighbor, HSI, klasifikasi jenis buah apel, jeruk dan pir
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 07 Jan 2019 01:37
Last Modified: 07 Jan 2019 01:37
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11507

Actions (login required)

View Item View Item