RANCANG BANGUN ALAT INFORMASI TANGGAP DARURAT BERBASIS RASPBERRY PI UNTUK KEAMANAN LINGKUNGAN PERUMAHAN DESIGN OF EMERGENCY RESPONSE INFORMATION TOOL BASED ON RASPBERRY PI FOR RESIDENTIAL ENVIRONMENT SECURITY

Hidayat, Imam (2018) RANCANG BANGUN ALAT INFORMASI TANGGAP DARURAT BERBASIS RASPBERRY PI UNTUK KEAMANAN LINGKUNGAN PERUMAHAN DESIGN OF EMERGENCY RESPONSE INFORMATION TOOL BASED ON RASPBERRY PI FOR RESIDENTIAL ENVIRONMENT SECURITY. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Jurnal.pdf

Download (603kB)

Abstract

Sebagai warga Negara, kita harus berpartisipasi mendukung terciptanya keamanan lingkungan untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya keadaan darurat, seperti aksi pencurian dan musibah kebakaran. Dalam suatu lingkungan perumahan, media informasi yang sering digunakan adalah pengeras suara yang dapat dijumpai di tempat ibadah seperti Masjid atau Musholla. Tetapi media pengeras suara ini sulit dijangkau oleh korban karena jaraknya relatif jauh dari rumah korban. Pada penelitian ini dibuat suatu alat informasi tanggap darurat berbasis Raspberry Pi yang dapat menerima informasi darurat dari korban kemudian menyebarkan informasi melalui media pengeras suara dan Short Message Service (SMS). Untuk menggunakan layanan SMS digunakan modul GSM SIM800L. Media pengeras suara dioperasikan dengan driver relay dan file suara yang diputar dari Raspberry Pi. Alat informasi yang dibuat dapat menerima informasi darurat berupa SMS dari korban, menyebarkan informasi darurat berupa SMS kepada pihak berwajib, dan memberikan informasi darurat berupa suara ke masyarakat melalui media pengeras suara sesuai pengirim dan isi pesan. Waktu konfirmasi pesan yang diperoleh sekitar 12,58 detik, penyebaran informasi berupa SMS ke 4 nomor tujuan sekitar 26,54 detik, dan penyebaran informasi berupa suara sekitar 59,52 detik untuk informasi Pencurian dan 57,55 detik untuk informasi Kebakaran.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Keamanan lingkungan, keadaan darurat, media informasi, Raspberry Pi
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 07 Jan 2019 01:36
Last Modified: 07 Jan 2019 01:36
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11510

Actions (login required)

View Item View Item