PELAKSANAAN AJI KRAMA DALAM PERKAWINAN ADAT SASAK (STUDI DI DESA SETANGGOR KECAMATAN PRAYA BARAT KABUPATEN LOMBOK TENGAH)

IRAWAN, HERY (2018) PELAKSANAAN AJI KRAMA DALAM PERKAWINAN ADAT SASAK (STUDI DI DESA SETANGGOR KECAMATAN PRAYA BARAT KABUPATEN LOMBOK TENGAH). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JURNAL HERY.pdf

Download (522kB) | Preview

Abstract

Masyarakat suku sasak Lombok Tengah Desa Setanggor dikenal juga proses Aji Krama. Aji Krama adalah bentuk acara serah terima nilai adat yang dimana mengandung penerapan sistem hukum adat dan nilai-nilai kearifan setempat. Pelaksanaan upacara Perkawinan bagi masyarakat suku Sasak merupakan salah satu bentuk tradisi budaya yang sangat penting dan tidak boleh diabaikan dalam pelaksanaannya. Jenis penelitian Empiris dan Normatif dan Metode pendekatan dengan menggunakan pendekatan perundang-undangan, konseptual dan sosiologis, sumber dan jenis data dalam penelitian ini adalah data lapangan dan kepustakaan, teknik pengumpulan data lapangan dan data hukum kepustakaan kemudian dianalisis. Penelitian ini dilakukan di desa setanggor mengenai 1. Pelaksanaan Sorong Serah Aji Krame menurut Hukum Adat Sasak dan 2. Pengaturan Perkawinan Menurut Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pelaksanaan Aji Krame, Perkawinan Adat Sasak
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 07 Jan 2019 01:36
Last Modified: 07 Jan 2019 01:36
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11519

Actions (login required)

View Item View Item