PENGARUH INTENSITAS KUNJUNGAN KE PERPUSTAKAAN TERHADAP KETERAMPILAN MENGARANG SISWA KELAS IV SDN 38 AMPENAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018

RAHAYU, ISTIKA SARI (2018) PENGARUH INTENSITAS KUNJUNGAN KE PERPUSTAKAAN TERHADAP KETERAMPILAN MENGARANG SISWA KELAS IV SDN 38 AMPENAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018. S1 thesis, Universitas Mataram.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan pengaruh intensitas kunjungan ke perpustakaan terhadap keterampilan mengarang siswa kelas IV SDN 38 Ampenan tahun pelajaran 2017/2018. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 38 Ampenan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik Purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 27 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, dokumentasi dan tes keterampilan mengarang. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan metode analisis data intraktif Analisis. Hasil dari data intensitas kunjungan ke perpustakaan dan hasil tes keterampilan mengarang menunjukkan bahwa dari 27 siswa terdapat 9 siswa yang berada dibawah kriteria ketuntasan minimal (KKM) dengan persentase ketuntasan 33% siswa yang tidak tuntas yang memiliki intensitas yang berbeda-beda dari jarang sampai sering selain itu kegiatan yang dilakukan selama berkunjung sebagai penentu hasil keterampilan mengarang yang didapat. Sedangkan sebanyak 18 orang berada diatas KKM dengan persentase ketuntasan 63% siswa yang sudah tuntas, memiliki intensitas yang berbeda pula yakni dari jarang, sering dan sangat sering serta kegiatan yang dilakukan selama berkunjung juga mempengaruhi hasil keterampilan mengarang siswa. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh intensitas kunjungan ke perpustakaan terhadap keterampilan mengarang siswa kelas IV SDN 38 Ampenan khusunya pada aspek kronologis peristiwa atau alur, ejaan, kalimat dan paragraf. Siswa yang intensitasnya sekitar 4-5 kali (1 orang) memperoleh hasil 70-75 dan siswa yang intensitasnya sekitar 2-3 kali (3 orang)

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Intensitaskunjungan, Perpustakaan, Keterampilan Mengarang
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 07 Jan 2019 01:36
Last Modified: 07 Jan 2019 01:36
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11522

Actions (login required)

View Item View Item